BERITA

Kendala Teknis Mesin Scan Barcode Tiket di Pelabuhan Merak Mengakibatkan Penumpang Terhambat Selama Dua Jam

37
×

Kendala Teknis Mesin Scan Barcode Tiket di Pelabuhan Merak Mengakibatkan Penumpang Terhambat Selama Dua Jam

Sebarkan artikel ini
Mesin Scan Barcode Tiket Error, Calon Penumpang di Pelabuhan Merak Tertahan Dua Jam
Mesin Scan Barcode Tiket Error, Calon Penumpang di Pelabuhan Merak Tertahan Dua Jam

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Areal Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, menjadi saksi antrian kendaraan yang semakin memadati menjelang H-2 Natal 2023, khususnya kendaraan roda empat atau mobil pribadi.

Pada pagi Sabtu (23/12/2023), beberapa pengendara melaporkan pengalaman kurang mengenakkan mereka, terpaksa tertahan lebih dari dua jam saat hendak memasuki area parkir pelabuhan.

Penyebabnya adalah kendala teknis pada mesin scan barcode tiket yang menjadi pintu masuk utama.

Salah seorang pengendara, Rega, meskipun mengaku tidak mengalami kemacetan selama perjalanan dari Jakarta, harus berhenti sejenak saat akan memasuki pintu masuk Pelabuhan Merak.

Kesulitan dalam melakukan scanning barcode tiket menjadi penyebabnya. “Dari Jakarta mau ke Bengkulu. Berangkat tadi jam 6 pagi, sampai sini jam 7.30 WIB. Di jalan sih nggak macet, cuma tadi di depan mau masuk error (mesin barcode), bisa masuk ini barusan jam 10-an,” ujar Rega.

Pengendara lain, Eli Suhaeli, asal Serang yang hendak menuju Palembang, juga harus menunggu selama dua jam akibat masalah serupa.

“Dari Serang mau ke Palembang, mau pulang kampung ke Karian. Tadi perjalanan lancar, cuma lama nunggu di sini (masuk pelabuhan), hampir 2 jam, scan (barcode) susah,” keluh Eli.

Soeharto, General Manager PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, memberikan tanggapan terkait situasi ini.

Menurutnya, peningkatan intensitas kendaraan di Pelabuhan Merak mulai terjadi sejak H-2 Hari Natal 2023, meskipun belum terlalu signifikan.

“Kami pantau itu kenaikan mulai dari tadi pagi dini hari, jadi untuk kendaraan-kendaraan kecil itu itu di jam 2 dan jam 3 pagi itu mulai ada peningkatan. Tapi sampai saat ini sifatnya rame lancar, jadi setiap dermaga terisi oleh antrian kendaraan,” ungkap Soeharto.

Meskipun demikian, Soeharto memprediksi lonjakan kendaraan masih akan terjadi pada 22-23 Desember 2023.

“Kemungkinan hari ini (Sabtu) masih akan ada peningkatan, dan kalau prediksi saya sesuai reservasi tiket itu masih mengalir,” tandasnya.

Dengan demikian, pihak terkait di Pelabuhan Merak sedang berupaya mengatasi kendala teknis agar kelancaran arus kendaraan dapat tetap terjaga menjelang perayaan Natal.