BERITA

Keberhasilan Pemkab Tulangbawang Barat dalam Mengatasi Wabah PMK Diberikan Penghargaan Gubernur Lampung

60
×

Keberhasilan Pemkab Tulangbawang Barat dalam Mengatasi Wabah PMK Diberikan Penghargaan Gubernur Lampung

Sebarkan artikel ini
Berhasil Tangani Wabah PMK Terbaik, Pemkab Tulangbawang Barat Raih Dua Penghargaan Gubernur Lampung
Berhasil Tangani Wabah PMK Terbaik, Pemkab Tulangbawang Barat Raih Dua Penghargaan Gubernur Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat sebagai pengakuan atas keberhasilan mereka dalam mengatasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Penghargaan ini diberikan dalam acara Rapat Koordinasi dan Pelaporan PMK Lampung Tahun 2023, yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Radisson, Bandar Lampung, pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Arinal Djunaidi menyampaikan apresiasinya atas kerja keras dan dedikasi semua pihak yang terlibat dalam upaya penanggulangan PMK.

Berkat kerjasama yang kuat dan tindakan seperti vaksinasi dan pengobatan PMK, kasus PMK di Lampung berhasil ditekan hingga mencapai zero reported case sejak 12 Oktober 2022 hingga saat ini.

Selain itu, Gubernur Arinal Djunaidi juga mengucapkan terima kasih kepada para petugas vaksinator dan pengobatan PMK yang telah berjuang keras dalam pengendalian dan penanggulangan PMK di Lampung.

Upaya ini tidak mungkin terwujud tanpa dukungan dari Kementerian Pertanian yang telah menyediakan vaksin PMK dan anggaran pendukung vaksinasi PMK untuk Lampung selama tahun kegiatan 2022-2023.

Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras bersama dari Satgas PMK Tulangbawang Barat dan berbagai instansi terkait yang berkolaborasi dengan masyarakat, terutama para peternak.

Nazaruddin, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tulangbawang Barat, yang mewakili Penjabat Bupati M. Firsada, menyatakan bahwa penghargaan ini mencerminkan komitmen dan kemampuan Tulangbawang Barat dalam menangani kejadian PMK dengan efektif.

Pemkab Tulangbawang Barat telah melaksanakan langkah-langkah konkret, seperti komunikasi informasi dan edukasi kepada peternak tentang PMK, termasuk cara penularannya dan penanganannya.

Mereka juga memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa PMK dapat disembuhkan, sehingga peternak tidak ragu untuk memberikan perawatan dan pengobatan yang tepat kepada ternak yang terinfeksi.

Tindakan lainnya termasuk pembentukan Satgas, monitoring dan surveilans PMK, serta peningkatan biosecurity dengan melakukan disinfeksi kandang-kandang ternak dan pengawasan terhadap lalu lintas ternak.

Nazaruddin juga mengingatkan para peternak untuk memberikan pakan yang baik kepada ternak mereka, menjalankan vaksinasi PMK yang diselenggarakan oleh petugas vaksinator, dan segera melaporkan kepada petugas medik dan paramedik jika ternak mereka menunjukkan gejala sakit.

Pemkab Tulangbawang Barat memperoleh dua penghargaan yang luar biasa, yaitu sebagai Kabupaten Dengan Kinerja Penanganan PMK Terbaik I di Lampung Tahun 2023 dan sebagai Data Encoder PMK dengan Kinerja Terbaik II di Lampung Tahun 2023.

Penghargaan ini menjadi bukti nyata keseriusan dan keberhasilan mereka dalam menjaga kesehatan hewan ternak dan melindungi sektor peternakan di wilayah mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *