BERITA

Keanggunan Budaya Lampung dalam Busana Putri Indonesia Farhana Nariswari di Miss International 2023

73
×

Keanggunan Budaya Lampung dalam Busana Putri Indonesia Farhana Nariswari di Miss International 2023

Sebarkan artikel ini
Putri Indonesia Farhana Nariswari Bawakan Busana dan Budaya Lampung di Ajang Miss International 2023
Putri Indonesia Farhana Nariswari Bawakan Busana dan Budaya Lampung di Ajang Miss International 2023

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Puteri Indonesia 2023, Farhana Nariswari, telah mempersiapkan diri dengan penuh semangat untuk mewakili Indonesia dalam ajang prestisius Miss International 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 26 Oktober di Jepang.

Salah satu aspek penting yang telah dipersiapkan dengan matang adalah national costume yang akan menjadi bagian penting dari penampilannya.

Bagi Indonesia, Farhana Nariswari akan mengenakan national costume yang terinspirasi oleh kebudayaan Lampung.

Dalam unggahan resmi akun Instagram Puteri Indonesia 2023, terungkap bahwa tema dari national costume tahun ini adalah ‘The Royal Siger Splendor: A Majestic Tribute to Lampung’s Heritage’ (Kemegahan Royal Siger: Penghormatan Agung untuk Warisan Lampung).

National costume ini adalah karya dari desainer ternama, Inggi Indrayana Kendran.

Dalam foto kostum yang diunggah, Farhana Nariswari terlihat memukau dengan mengenakan siger emas yang mencolok.

Caption pada unggahan tersebut menjelaskan filosofi di balik penggunaan siger ini.

Siger memiliki makna yang dalam dalam budaya Lampung, yang menggambarkan sikap masyarakat Lampung yang sangat menjaga harga diri dan nama baik mereka.

Mengenakan siger adalah sebuah kehormatan dan simbol dari sikap untuk menjaga martabat, kehormatan, serta nilai-nilai hidup yang tinggi.

“Terinspirasi dari wanita Lampung yang menggunakan siger di kepalanya. Memiliki makna filosofis yang berkaitan dengan nilai-nilai hidup masyarakat Lampung yakni ‘Piil Pesenggiri’, yaitu sikap untuk menjaga harga diri, nama baik, martabat, dan kehormatan hidup,” begitu tulis caption pada unggahan tersebut.

Gaun pada national costume ini didominasi oleh warna hijau, menciptakan kesan keindahan alam yang khas dari Lampung.

Sementara itu, hiasan dan gambar-gambar yang menghiasi gaun ini dikerjakan dengan detail berwarna emas, menambahkan sentuhan kemewahan dan kemegahan.

Ketika Farhana Nariswari mengenakan gaun ini, ia tampak seperti seorang putri kerajaan.

Pada gaun tersebut juga terdapat berbagai gambar gajah berwarna emas, yang merupakan salah satu hewan yang menjadi ciri khas di Lampung. Namun, saat ini, populasi gajah di Lampung terancam punah.

“Melalui busana ini, kami ingin mengajak wanita Lampung, khususnya, untuk menjaga keluhuran budaya tanah kelahirannya, salah satunya dengan menjaga keseimbangan alamnya,” demikian sambungan tulisan pada caption tersebut.

Selain itu, gambar-gambar gajah pada gaun ini juga menjadi pengingat untuk menjaga habitat gajah demi mencegah kepunahan mereka.

“Lukisan gajah pada ekor busana ini mengingatkan seluruh masyarakat bahwa Lampung memiliki spesies Gajah yang terancam punah. Gajah merupakan salah satu satwa yang melekat dengan budaya masyarakat disana. Keberadaannya kini haruslah menjadi perhatian kita demi menjaga keberadaannya,” tutup caption pada unggahan tersebut.

Dengan national costume yang sarat makna ini, Farhana Nariswari tidak hanya akan mewakili keindahan budaya Lampung di panggung internasional tetapi juga akan menjadi suara yang mengingatkan kita semua untuk menjaga alam dan keberagaman budaya Indonesia yang begitu berharga.

Semoga Farhana Nariswari dapat memberikan penampilan yang memukau dan mempromosikan pesan-pesan positif ini di ajang Miss International 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *