BERITA

Kapolda Lampung: Anggota Polisi Siaga dan Siapkan Solusi Alternatif untuk Arus Balik Idulfitri 2024

69
×

Kapolda Lampung: Anggota Polisi Siaga dan Siapkan Solusi Alternatif untuk Arus Balik Idulfitri 2024

Sebarkan artikel ini
Arus Balik Idulfitri 2024, Kapolda Lampung Perintahkan Anggotanya Kanalisasi Hingga Siapkan Buffer Zone Alternatif
Arus Balik Idulfitri 2024, Kapolda Lampung Perintahkan Anggotanya Kanalisasi Hingga Siapkan Buffer Zone Alternatif

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Irjen Helmy Santika, Kapolda Lampung, menginstruksikan jajarannya untuk mengatur jalur pemudik sepeda motor yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, dalam arus balik Lebaran 2024.

Sebagai langkah antisipasi, Kapolda Lampung juga memerintahkan para Kapolres di wilayah yang dilalui oleh Jalan Lintas Timur (Jalintim) dan Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) untuk menyiapkan buffer zone alternatif.

Buffer zone ini merupakan cadangan dari empat zona buffer yang telah tersedia.

“Irjen Helmy Santika menyatakan, ‘Para Kapolres yang bertugas di jalur yang mengarah ke Pelabuhan Panjang diminta untuk melakukan pengaturan jalur dan pengawalan bagi para pemudik sepeda motor hingga tiba di pelabuhan,'” ujar Irjen Helmy Santika dalam keterangannya pada Minggu (14/4/2024).

Kapolda Lampung juga mengimbau kepada pemudik dari Bandar Lampung dan sekitarnya, serta dari provinsi lain di Sumatera yang ingin menyeberang ke Pulau Jawa, untuk memanfaatkan Pelabuhan Panjang karena jaraknya lebih dekat.

“Pada masa arus balik, Pelabuhan Panjang akan melayani keberangkatan sepeda motor, kendaraan pribadi, dan truk sembako muatan kecil. Kami telah menyiapkan tiga kapal untuk mengangkut penumpang sehingga dapat dimanfaatkan oleh para pemudik,” tambah Irjen Helmy Santika.

Pemudik tidak perlu khawatir akan kepadatan, karena Pelabuhan Panjang memiliki area tunggu seluas 1,3 hektar dengan kapasitas menampung ribuan sepeda motor, 155 truk, dan 300 kendaraan pribadi.

Selain itu, tersedia juga cadangan lahan seluas 6.000 meter persegi yang dapat menampung 900 unit kendaraan. Fasilitas-fasilitas seperti toilet, tenda tunggu, dan dapur lapangan dari Brimob juga telah disiapkan untuk melayani pemudik.

Sementara itu, Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) akan diperuntukkan bagi truk selama masa arus balik ini. Oleh karena itu, Kapolres dan jajaran di wilayah tersebut akan mengawal truk-truk tersebut hingga tiba di Pelabuhan BBJ.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *