BERITA

Kanwil Kemenag Lampung Tetapkan 7 Poin Penguatan Moderasi Beragama, Ini Detailnya

23
×

Kanwil Kemenag Lampung Tetapkan 7 Poin Penguatan Moderasi Beragama, Ini Detailnya

Sebarkan artikel ini
Kanwil Kemenag Tetapkan Tujuh Poin Penguatan Moderasi Beragama di Lampung, ini Daftarnya
Kanwil Kemenag Tetapkan Tujuh Poin Penguatan Moderasi Beragama di Lampung, ini Daftarnya

Media90 – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Lampung menetapkan tujuh poin outlook sebagai langkah untuk menguatkan moderasi beragama di wilayah Lampung.

Kepala Kanwil Kemenag Lampung, Puji Raharjo, mengungkapkan bahwa pada tahun 2024, pihaknya telah merumuskan tujuh poin utama yang menjadi fokus penguatan moderasi beragama di Lampung.

“Tujuh poin itu meliputi ekosistem moderasi beragama yang ekspansif, meneguhkan politik kebangsaan, dan memenangkan pertarungan digital,” ungkap Puji Raharjo dalam media gathering yang berlangsung di Hotel Emersia Lampung, Senin (23/9/2024).

Puji Raharjo menjelaskan lebih lanjut bahwa upaya penguatan moderasi beragama ini tidak hanya berhenti pada tiga poin tersebut.

Kanwil Kemenag Lampung juga berkomitmen menyajikan layanan keagamaan yang premium namun tetap terjangkau bagi seluruh masyarakat.

Baca Juga:  Polinela Luncurkan Program Studi Kimia Terapan Terbaru: Apa Bedanya?

Selain itu, layanan pendidikan yang diusung akan mengedepankan inovasi dan transformasi, menyesuaikan dengan tuntutan zaman yang semakin berkembang.

“Poin kelima dan keenam adalah menciptakan smart Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dapat menjawab kebutuhan era digital dan mengoptimalkan penggunaan dana umat untuk program pengentasan dan pemberdayaan,” lanjutnya.

Puji Raharjo berharap dengan berbagai capaian kinerja dan program-program yang telah dijalankan, Kemenag Lampung dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan memperkuat moderasi beragama di masa mendatang.

“Kami berharap, dengan capaian kinerja yang ada serta program-program yang tengah dijalankan, ke depannya Kemenag Lampung bisa semakin baik lagi,” tuturnya.

Sertifikasi Halal dan Penguatan Moderasi Beragama

Hingga September 2024, Kanwil Kemenag Lampung mencatat sejumlah pencapaian positif, termasuk pendaftaran 162.205 sertifikat halal melalui program Sertifikat Halal Gratis (Sehati).

Baca Juga:  Kenaikan Penumpang Kereta Api di Lampung Selama Libur Maulid Nabi 2024 Mencapai 5 Persen Menurut KAI

Program ini menjadi salah satu langkah nyata Kemenag Lampung dalam memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam mendapatkan sertifikasi halal, yang diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk lokal.

Selain itu, dalam rangka memperkuat moderasi beragama, Kanwil Kemenag Lampung telah membina 260 pelopor dan 1.560 penggerak yang aktif menyosialisasikan moderasi beragama kepada masyarakat.

Upaya ini merupakan bagian dari strategi menyebarluaskan pemahaman moderasi beragama yang inklusif, damai, dan toleran di seluruh lapisan masyarakat Lampung.

Dengan beragam program dan inisiatif ini, Kanwil Kemenag Lampung optimis dapat membangun ekosistem masyarakat yang lebih harmonis dan berorientasi pada nilai-nilai moderasi beragama yang kokoh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *