BERITA

Inspirasi Touring Akhir Tahun: Panduan Perjalanan Menarik dan Aman Bersama TDM Gadingrejo

208
×

Inspirasi Touring Akhir Tahun: Panduan Perjalanan Menarik dan Aman Bersama TDM Gadingrejo

Sebarkan artikel ini
Ingin Touring Akhir Tahun, Yuk Simak Tips Perjalanan Seru dan Aman Bersama TDM Gadingrejo
Ingin Touring Akhir Tahun, Yuk Simak Tips Perjalanan Seru dan Aman Bersama TDM Gadingrejo

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Berkendara bersama dengan saudara atau teman di kampung halaman merupakan pilihan yang menarik menjelang akhir tahun.

Selain meningkatkan rasa kebersamaan, aktivitas ini juga menambah keseruan saat menikmati keindahan berbagai kontur alam di Indonesia.

Aji Nopriyadi, Kepala Mekanik TDM Gadingrejo, mengatakan bahwa untuk menjaga keselamatan dan keseruan berkendara berkelompok, diperlukan persiapan yang baik dan etika berkendara yang baik pula.

Setiap pengguna jalan memiliki hak yang sama, dan menjaga ketertiban di sepanjang perjalanan adalah kunci.

“Oleh karena itu, penting untuk memahami aturan dan etika ketika berkendara dalam kelompok. Kegiatan berkendara dapat menjadi lebih aman, selamat sampai tujuan, dan tetap menjaga ketertiban di sepanjang perjalanan,” kata Aji Nopriyadi, Senin (30/10/2023).

Berikut ini adalah beberapa tips berkendara kelompok yang aman dan nyaman bagi para pencinta sepeda motor, yang dapat dibagi menjadi 3 tahap pengecekan.

Sebelum Perjalanan:

Sebelum berkendara bersama kelompok, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dibahas bersama peserta agar perjalanan tetap aman dan menyenangkan, antara lain:

  1. Susunlah rencana perjalanan dengan baik. Rencana perjalanan harus mencakup detail seperti jam keberangkatan, titik istirahat, lokasi pengisian bahan bakar, tempat makan, dan destinasi pemberhentian yang ingin dituju.
  2. Tentukan pembagian tugas antara anggota kelompok, seperti siapa yang akan menjadi pemimpin rombongan, sweeper, penyedia konsumsi, dan akomodasi. Pembagian tugas ini akan membuat koordinasi selama perjalanan menjadi lebih efektif dan jelas.
  3. Pastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan prima dengan melakukan servis kendaraan setiap anggota setidaknya satu hari sebelum perjalanan dilaksanakan.
  4. Lakukan briefing bersama rombongan tentang apa yang perlu disiapkan dan dilakukan, seperti menjaga daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup, surat dan dokumen yang perlu dibawa selama perjalanan, peraturan selama berkendara, serta kebutuhan pribadi lainnya, seperti gadget, perlengkapan, dan obat-obatan pribadi.
Baca Juga:  Mahasiswi Sistem Informasi Memanfaatkan Beasiswa Tunas Bangsa untuk Skripsi dan Persiapan Wisuda

Saat Perjalanan:

Ketika dalam perjalanan, setiap anggota harus mematuhi kesepakatan tim yang telah ditentukan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Selalu mengikuti arahan pimpinan rombongan serta sweeper saat berkendara.
  2. Jangan melakukan aktivitas berbahaya atau berkendara dengan arogan. Ingatlah bahwa setiap pengguna jalan memiliki hak yang sama, baik saat berkendara dalam kelompok maupun individu.
  3. Jangan melanggar peraturan lalu lintas atau menghalangi hak pengguna jalan lain. Ini termasuk tidak menutup jalan untuk kendaraan lain yang ingin melintas dengan lancar.
  4. Jangan terlalu banyak menggunakan alat komunikasi elektronik selama berkendara. Komunikasikan sesuai kebutuhan atau hanya pada situasi darurat.
  5. Lakukan istirahat setiap dua jam, jaga cairan tubuh untuk menjaga konsentrasi, dan selalu utamakan keselamatan.
Baca Juga:  Upacara Yudisium Kelima: Dekan Fakultas Hukum Universitas Malahayati Mengukuhkan Peserta Prodi Ilmu Hukum

Setelah Perjalanan:

Setelah selesai berkendara bersama kelompok dan mencapai lokasi yang dituju, setiap anggota kelompok dapat melakukan pemeriksaan fisik baik pada diri mereka sendiri maupun pada kondisi peserta lainnya.

Selain itu, lakukan juga pemeriksaan kendaraan untuk memastikan kondisinya masih prima untuk digunakan kembali.

Dengan mematuhi tips-tips ini, perjalanan akhir tahun Anda bersama saudara atau teman akan menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan. Selamat berkendara dan selamat sampai tujuan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *