BERITA

Inovasi Terkini Mahasiswa Teknokrat: Alat Pengering Emping Melinjo yang Revolusioner

115
×

Inovasi Terkini Mahasiswa Teknokrat: Alat Pengering Emping Melinjo yang Revolusioner

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa Teknokrat Ciptakan dan Implementasikan Inovasi Alat Pengering Emping Melinjo
Mahasiswa Teknokrat Ciptakan dan Implementasikan Inovasi Alat Pengering Emping Melinjo

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Desta Romansah, seorang mahasiswa S1 Teknik Elektro dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia (UTI), telah berhasil mengembangkan inovasi berupa alat pengering emping melinjo.

Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan produksi emping pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Aulia Putri Tunggal di Bandar Lampung.

Proses pengeringan emping melinjo pada para pengrajin umumnya mengandalkan metode konvensional atau panas matahari.

Namun, musim hujan sering kali menghambat proses tersebut, menyebabkan kerusakan pada emping melinjo dan mengakibatkan penurunan penjualan akibat terhambatnya pengiriman ke konsumen.

Dalam penelitiannya, Desta mengungkapkan, “Ketika musim hujan, pengrajin emping melinjo tidak bisa menjemur emping melinjo, dan ini mengakibatkan kerugian pada proses produksi dan pemasaran. Oleh karena itu, saya menciptakan alat pengering emping melinjo yang inovatif untuk mengatasi permasalahan tersebut.”

Alat yang dikembangkan oleh Desta memiliki beberapa kelebihan dibandingkan metode konvensional.

Alat ini mampu menghasilkan emping melinjo yang kering secara maksimal dalam waktu yang singkat, memudahkan pengrajin dalam proses pengeringan, dan tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca.

Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi produksi tetapi juga memastikan kualitas emping melinjo yang optimal.

Inovasi ini bukan hanya sekadar ide, tetapi telah diwujudkan dalam bentuk prototipe yang dapat diaplikasikan secara praktis.

Desta juga berterima kasih kepada dosen pembimbingnya, Jaka Persada Sembiring, S.Kom., M.Cs., dan dosen penguji Novia Utami Putri, S.T., M.M., M.T., yang telah membimbing dan menguji langsung proses pengembangan inovasinya.

Proses penyerahan inovasi ini tidak hanya berhenti pada lingkungan akademis. Desta dan timnya turut memberikan penjelasan kepada UMKM Penjual Emping Melinjo tentang penggunaan alat pengering emping melinjo ini.

Dukungan dari Yayasan Pendidikan Teknokrat, Rektor, dan Dekan FTIK juga diakui sebagai faktor penting dalam kesuksesan pengembangan inovasi ini.

Wakil Rektor UTI, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM., mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan oleh mahasiswa Teknokrat.

Beliau menyatakan bahwa inovasi seperti yang dihasilkan oleh Desta sejalan dengan visi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Teknokrat Indonesia untuk menjadi institusi unggul dalam pengembangan teknologi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Dengan inovasi ini, diharapkan UMKM Aulia Putri Tunggal dan para pengrajin emping melinjo dapat meningkatkan produktivitasnya, mengurangi kerugian akibat kondisi cuaca yang tidak mendukung, serta memberikan kontribusi positif bagi pengembangan teknologi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *