BERITANASIONAL

Inisiatif YBM PLN: Rumah Singgah Gratis di Kedaton Bandar Lampung untuk Mengurangi Beban Biaya Pasien

82
×

Inisiatif YBM PLN: Rumah Singgah Gratis di Kedaton Bandar Lampung untuk Mengurangi Beban Biaya Pasien

Sebarkan artikel ini
Inisiatif YBM PLN Rumah Singgah Gratis di Kedaton Bandar Lampung untuk Mengurangi Beban Biaya Pasien
Inisiatif YBM PLN Rumah Singgah Gratis di Kedaton Bandar Lampung untuk Mengurangi Beban Biaya Pasien

Media90 – Rumah Singgah Pasien (RSP) yang dikelola oleh Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Lampung telah menjadi tempat singgah yang nyaman bagi 1.093 pasien pengobatan dari berbagai daerah di luar Bandar Lampung sejak diresmikan pada Desember 2018.

Terletak di Jalan Danau Tondano, Kedaton, Bandar Lampung, RSP ini didirikan oleh YBM PLN sebagai rumah singgah bagi pasien yang berasal dari luar Bandar Lampung dan sedang menjalani pengobatan di berbagai rumah sakit rujukan di wilayah tersebut.

Saleh Siswanto, General Manajer PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung, menjelaskan bahwa RSP adalah salah satu program dari YBM PLN yang bekerja sama dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) sebagai pengelola RSP di Bandar Lampung.

“YBM PLN menyediakan rumah singgah bagi pasien pengobatan dari luar Bandar Lampung yang membutuhkan tempat tinggal sementara selama menjalani pengobatan di rumah sakit rujukan di Bandar Lampung,” ujar Saleh Siswanto dalam keterangan resminya pada Selasa (20/6/2023).

RSP YBM PLN dilengkapi dengan delapan kamar untuk pasien dan pendampingnya.

Selain itu, fasilitas ambulans juga disediakan untuk mengantar dan menjemput pasien antara RSP dan rumah sakit tempat mereka menjalani pengobatan.

“Para pasien yang tinggal di RSP YBM PLN ini direkomendasikan dan diverifikasi oleh rumah sakit rujukan, sehingga kami dapat memastikan bahwa tempat ini ditempati oleh pasien yang benar-benar membutuhkan,” tambah Saleh.

Baca Juga:  6 Alasan Mengapa Ponsel Melambat saat Dicas, Pentingnya Menggunakan Aksesori Asli

Salah satu pasien yang merasakan manfaat dari RSP YBM PLN adalah Sutayem, seorang pasien asal Labuhan Maringgai, Lampung Timur.

Sutayem tinggal di RSP selama sekitar dua bulan saat menjalani proses pengobatan kanker sarkoma pada selubung saraf tepi atau neurofibrosarcoma.

Dia mendapatkan rujukan pengobatan dari Rumah Sakit Ahmad Yani Metro dan menjalani radioterapi selama 30 kali di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung.

“Dengan adanya RSP YBM PLN ini, saya merasa sangat terbantu.

Tempat tinggalnya nyaman dan fasilitasnya baik, sehingga saya bisa menjalani pengobatan sampai tuntas,” ucap Sutayem dengan rasa syukur.

Selain tempat tinggal yang nyaman, Sutayem juga mengapresiasi kegiatan lain di RSP YBM PLN, seperti pengajian bersama dan tausiyah, yang memberikan pengetahuan dan dukungan spiritual bagi para pasien di sana.

“Saya berharap RSP YBM PLN bekerja sama dengan IZI Lampung akan tetap ada, sehingga dapat membantu saudara-saudara lain yang membutuhkan tempat tinggal sementara,” harap Sutayem dengan penuh harapan.

RSP YBM PLN Lampung terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien-pasien pengobatan dari luar Bandar Lampung.

Dengan fasilitas yang memadai dan dukungan spiritual yang diberikan, RSP YBM PLN menjadi tempat yang nyaman dan memberikan harapan bagi pasien dalam proses penyembuhan mereka.