BERITA

Ini Profil Agus Fatoni, Putra Lampung dari Way Kanan yang Terpilih sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Utara

29
×

Ini Profil Agus Fatoni, Putra Lampung dari Way Kanan yang Terpilih sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Utara

Sebarkan artikel ini
Putra Lampung Asal Way Kanan Agus Fatoni Terpilih sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Ini Profilnya
Putra Lampung Asal Way Kanan Agus Fatoni Terpilih sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Ini Profilnya

Media90 – Agus Fatoni akan segera dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) menggantikan Hasanuddin, demikian diungkapkan oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumut, Harianto Butarbutar.

“Pak Presiden telah menunjuk Bapak Agus Fatoni, yang saat ini menjabat sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, untuk menggantikan Pak Hasanudin,” kata Harianto Butarbutar pada Sabtu (22/6/2024).

Pelantikan Agus Fatoni sebagai Pj Gubernur Sumut direncanakan akan berlangsung di Kantor Kemendagri, Jakarta, pada Senin 24 Juni 2024. Pada kesempatan tersebut, Hasanuddin juga akan dilantik sebagai Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

Agus Fatoni, yang berasal dari Lampung, memiliki latar belakang pendidikan yang solid. Dia lahir di Bahuga, Kabupaten Way Kanan, Lampung, pada 6 Juni 1972, dan menyelesaikan pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi dengan prestasi.

Baca Juga:  Pelantikan Resmi Pengurus KNPI Lampung Selatan 2023-2026: Antisipasi Era Baru, Bupati Nanang Ermanto Ungkap Harapannya

Pendidikan formal Agus meliputi:

  • SD Negeri 1 Sukabumi, Bahuga, Kabupaten Way Kanan (1985)
  • SMP Negeri 1 Bahuga, Kabupaten Way Kanan (1988)
  • SMA Negeri 1 Tanjungkarang, Bandar Lampung (1991)
  • Diploma III (D3) di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor (1994)
  • Sarjana (S1) di Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta (1999)
  • Magister (S2) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran (2000)
  • Doktor (S3) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran (2009)

Karirnya dimulai sebagai ajudan Gubernur/Kepala Daerah Tingkat I Lampung pada 1995-1997. Kemudian, Agus Fatoni berkiprah di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan berbagai jabatan strategis seperti Kepala Staf Pribadi Mendagri, Kepala Subdit Dana Bagi Hasil Pajak, Migas, dan Cukai, serta Kepala Seksi Provinsi Papua dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelum ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni juga telah menjalani pengalaman sebagai Pj Gubernur Sulawesi Utara pada periode September-Desember 2020 dan terakhir sebagai Pj Gubernur Sumatera Selatan sejak Oktober 2023.

Baca Juga:  Peluncuran Sukses PSDKU Unila di Way Kanan dengan Dukungan Penuh Dirjen Vokasi: Menakjubkannya Lokasi dan Fasilitas yang Siap Digunakan

Selain karirnya yang cemerlang, Agus Fatoni juga dikenal sebagai sosok keluarga yang baik. Ia menikah dengan A. P. Widyaningtyas dan dikaruniai tiga anak: Adien, Are, dan Asa, yang semuanya menempuh pendidikan di pondok pesantren tahfidz.

Dengan pengalaman serta latar belakang pendidikan yang kuat, Agus Fatoni diharapkan mampu menjalankan tugasnya sebagai Pj Gubernur Sumut dengan baik dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *