BERITA

Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Malahayati Mengadakan Dialog: “Sarjana Hukum Bisa Jadi Apa?”

45
×

Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Malahayati Mengadakan Dialog: “Sarjana Hukum Bisa Jadi Apa?”

Sebarkan artikel ini
Ikatan Alumni Fakultas Hukum Gelar Dialog Prospek Karir Sarjana Hukum
Ikatan Alumni Fakultas Hukum Gelar Dialog Prospek Karir Sarjana Hukum

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Gedung Malahayati Career Center, Sabtu (4/11/2023), menjadi saksi pertemuan istimewa antara alumni Fakultas Hukum Universitas Malahayati dan mahasiswa aktif.

Acara yang diberi tajuk “Sarjana Hukum Bisa Jadi Apa?” ini diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Malahayati.

Kegiatan ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, termasuk Wakil Rektor III Universitas Malahayati, Dr. Eng. Rina Febrina, S.T., M.T., dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Malahayati, Aditia Arief Firmanto, S.H., M.H.

Turut hadir juga jajaran pimpinan fakultas serta Ketua Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Malahayati, Bagus Priyono Pamungkas, Amd.Kes., S.H., beserta lebih dari 200 peserta dialog.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum Universitas Malahayati, Aditia Arief Firmanto, S.H., M.H., menyampaikan tujuan utama acara ini adalah untuk mempererat hubungan antara alumni dan fakultas serta memberikan panduan kepada mahasiswa yang sedang mengejar gelar sarjana hukum.

Panduan ini meliputi persiapan memasuki dunia kerja dan pemahaman yang lebih dalam bagi para alumni yang ingin meningkatkan kemampuan mereka.

“Harapannya dari pertemuan pertama ikatan alumni ini, bisa ada program yang selanjutnya pada semester genap, kami rencanakan mau ada pendirian lembaga kajian dan konsultasi bantuan hukum Fakultas Hukum Universitas Malahayati,” kata Aditia Arief Firmanto.

Kegiatan ini melibatkan empat narasumber yang memberikan wawasan berharga. Salah satunya adalah Kepala Program Studi Psikologi Universitas Malahayati, Octa Reni Setiawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog, yang membahas topik seperti kiat sukses memasuki dunia kerja, persiapan menghadapi psikotes, dan wawancara kerja sebagai persiapan bagi mahasiswa yang ingin memulai karier profesional.

Siti Zubaidah, S.H., People Partner of Specialist di PT. Great Giant Pineapple, memberikan materi tentang kriteria Sumber Daya Manusia (SDM) dalam proses rekrutmen di perusahaan.

Materi terkait aspek hukum perusahaan disampaikan oleh Bagas Tri Atmaja, S.H., dan Winardi Yusuf, S.H., yang membahas pekerjaan seorang advokat.

Dalam presentasinya, Kepala Program Studi Psikologi Universitas Malahayati, Octa Reni Setiawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog, menekankan pentingnya pemahaman mahasiswa terhadap tantangan yang mungkin dihadapi saat wawancara kerja.

“Kandidat perlu mampu mendeskripsikan diri dengan baik kepada perusahaan yang merekrut, karena komunikasi yang efektif sangat penting dalam wawancara,” ujar Octa Reni Setiawati.

Menurutnya, seringkali terjadi bahwa kandidat memiliki kemampuan yang baik, tetapi kemampuan komunikasinya kurang, yang akhirnya menghasilkan hasil wawancara yang tidak sesuai dengan harapan.

Acara ini memberikan wawasan berharga bagi mahasiswa dan alumni Fakultas Hukum Universitas Malahayati dalam meraih kesuksesan dalam karier mereka di dunia hukum.