BERITA

Harmoni Pancasila: Melangkah Bersama Menuju Indonesia Emas 2045

76
×

Harmoni Pancasila: Melangkah Bersama Menuju Indonesia Emas 2045

Sebarkan artikel ini
Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045
Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

Media90 – Dalam rangka mewujudkan persatuan setiap anak bangsa demi mencapai tujuan pembangunan nasional, pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai Pancasila menjadi krusial.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdija, pada Sabtu, 1 Juni 2024, yang menegaskan perlunya gerak bersama dengan memanfaatkan landasan berpikir dan berperilaku yang terkandung dalam Pancasila.

Peringatan tahun ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045,” menekankan pentingnya setiap warga negara dapat menginternalisasi dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Menurut Lestari, hal ini harus menjadi prioritas dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang tangguh dan berdaya saing.

Rerie, seorang pemikir, menyatakan bahwa nilai-nilai Pancasila, jika dihayati dalam kehidupan sehari-hari, dapat menjadi pijakan bagi setiap anak bangsa untuk aktif berperan dalam mencapai target pembangunan.

Baca Juga:  Wuling Air EV: Keuntungan Biaya Kepemilikan yang Tidak Hanya Berharga Ekonomis

Mengingat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, pulau, dan target pembangunan yang beragam, Rerie menegaskan perlunya gerak bersama dalam mencapai tujuan bersama.

Menurutnya, pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, termasuk nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah untuk mufakat, dan keadilan sosial, dapat mendorong kolaborasi yang kuat antara warga negara dalam proses mewujudkan visi pembangunan nasional.

Dengan memperingati Hari Lahir Pancasila, diharapkan para pemangku kepentingan dan masyarakat dapat menjadikan momentum ini untuk terus meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, sebagai upaya konkret dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *