BERITA

Harga BBM Pertamax dan Dexlite Pertamina Turun di Oktober 2024: Simak Daftar Harga di SPBU Lampung

11
×

Harga BBM Pertamax dan Dexlite Pertamina Turun di Oktober 2024: Simak Daftar Harga di SPBU Lampung

Sebarkan artikel ini
Oktober 2024, Harga BBM Pertamax dan Dexlite Pertamina Turun, ini Harga di SPBU Lampung
Oktober 2024, Harga BBM Pertamax dan Dexlite Pertamina Turun, ini Harga di SPBU Lampung

Media90 – PT Pertamina Patra Niaga, bagian dari Sub Holding Commercial dan Trading PT Pertamina (Persero), mengumumkan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi yang berlaku mulai 1 Oktober 2024.

Keputusan ini mencakup penurunan harga untuk beberapa jenis BBM, termasuk Pertamax, Pertamax Green, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina DEX.

Penyesuaian harga ini dilakukan sejalan dengan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022, yang merupakan perubahan dari Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020.

Kebijakan tersebut mengatur formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran jenis BBM umum, baik untuk bensin maupun solar yang didistribusikan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Rincian Penurunan Harga BBM di Lampung

Harga BBM non subsidi di setiap wilayah mengalami variasi. Di Lampung, harga Pertamax turun dari Rp 13.250 per liter menjadi Rp 12.400 per liter.

Baca Juga:  Daftar Harga BBM Pertamina, Shell, BP, dan Vivo di DKI Jakarta Mulai 1 Januari 2023

Sementara itu, Pertamax Turbo mengalami penurunan dari Rp 14.880 per liter menjadi Rp 13.550 per liter.

Harga Dexlite juga turun menjadi Rp 13.000 per liter dari sebelumnya Rp 14.400 per liter, dan Pertamina DEX turun dari Rp 14.900 per liter menjadi Rp 13.450 per liter.

Di sisi lain, harga BBM subsidi seperti Pertalite dan Solar Subsidi tetap tidak berubah.

Evaluasi Berkala oleh Pertamina

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, menjelaskan bahwa harga BBM non subsidi selalu dievaluasi secara berkala, mengikuti tren harga rata-rata minyak dunia yang tercatat dalam Mean of Platts Singapore (MOPS) atau Argus, serta mempertimbangkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika.

“Evaluasi dan penyesuaian harga untuk BBM non subsidi rutin dilakukan. Harga bisa tetap, bisa naik, dan bahkan bisa turun, tergantung tren harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah,” kata Heppy Wulansari dalam keterangan tertulisnya, pada Selasa (1/10/2024).

Baca Juga:  Keamanan dan Performa Terunggul dengan All New Mazda CX-60 dan Bahan Bakar Ramah Lingkungan Pertamax Green 95

Komitmen Pertamina terhadap Kualitas dan Harga

Pada bulan Oktober 2024 ini, Pertamina mencatat semua harga BBM non subsidi mengalami penurunan.

Pertamina tetap berkomitmen untuk menyediakan produk berkualitas dengan harga yang kompetitif di seluruh wilayah Indonesia.

Penyesuaian harga ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan mendukung stabilitas ekonomi di tengah fluktuasi harga minyak global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *