BERITA

FIK Universitas Malahayati: Membawa Pelatihan dan Edukasi Kesehatan ke Ponpes Al-Firdaus, Bandar Lampung

88
×

FIK Universitas Malahayati: Membawa Pelatihan dan Edukasi Kesehatan ke Ponpes Al-Firdaus, Bandar Lampung

Sebarkan artikel ini
FIK Universitas Malahayati Gelar Pelatihan dan Edukasi Kesehatan di Ponpes Al-Firdaus, Bandar Lampung
FIK Universitas Malahayati Gelar Pelatihan dan Edukasi Kesehatan di Ponpes Al-Firdaus, Bandar Lampung

Media90 – Pada Rabu, tanggal 22 Mei 2024, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Malahayati Bandar Lampung menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) di Pondok Pesantren Al-Firdaus Kemiling, Bandar Lampung. Acara ini diikuti oleh 89 santri dari pondok pesantren tersebut.

Tema yang diusung dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah “Edukasi Kesehatan dan Teknologi Tepat Guna”.

Sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat yang berbasis pada teknologi tepat guna, berbagai kegiatan dilaksanakan oleh tim FIK Universitas Malahayati.

Salah satu kegiatan utama adalah pembuatan paving blok dari limbah plastik, penyaringan filter air sederhana, pembuatan sabun cuci cair dengan campuran bunga telang, pembuatan sabun mandi padat kombinasi olive oil, serta pembuatan sabun cuci tangan dengan bahan buah pepaya.

Selain itu, para peserta juga diberikan penyuluhan tentang isu-isu penting seperti bullying, personal hygiene, dan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala BPPM FIK, 22 dosen, dan 30 mahasiswa FIK. Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Djunizar Djamaluddin, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahun oleh FIK.

Tujuan utamanya adalah untuk memberikan pengetahuan tentang kesehatan serta penerapan teknologi tepat guna di bidang kesehatan kepada masyarakat.

Djunizar juga berharap agar para santri dapat menerapkan dan mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dari kegiatan ini.

Acara pengabdian kepada masyarakat ini dibuka oleh Pimpinan Pondok Pesantren, Ustaz KH. Amirudin, yang menyambut baik kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian FIK Universitas Malahayati terhadap para santri di Pondok Pesantren Al-Firdaus.

“Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan santri tentang kesehatan dan mendorong mereka untuk menggunakan teknologi tepat guna dalam mendukung kewirausahaan di pondok pesantren ini,” ujar Ustaz Amirudin dalam sambutannya.

Para santri yang terlibat dalam kegiatan ini menyambut hangat dan penuh antusiasme. Salah satu di antara mereka, Fattah, mengucapkan terima kasih atas kedatangan para mahasiswa dan dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Malahayati Bandar Lampung, serta menyatakan harapannya agar ilmu yang didapat dapat bermanfaat bagi mereka dan masyarakat sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *