BERITA

Festival Nemui Nyimah 2023: Sekdaprov Lampung Meriahkan Acara dengan Simbol Kebersamaan

55
×

Festival Nemui Nyimah 2023: Sekdaprov Lampung Meriahkan Acara dengan Simbol Kebersamaan

Sebarkan artikel ini
Sekdaprov Lampung Buka Festival Nemui Nyimah Tahun 2023, Simbol Kebersamaan
Sekdaprov Lampung Buka Festival Nemui Nyimah Tahun 2023, Simbol Kebersamaan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, dengan penuh semangat membuka tirai Festival Nemui Nyimah Tahun 2023 di Lapangan Korpri Komplek Kantor Gubernur pada Jumat malam (17/11/2023).

Dalam sambutannya, Fahrizal Darminto menekankan bahwa festival ini tidak sekadar sebagai perayaan, melainkan juga sebagai simbol kebersamaan, keharmonisan, dan kekayaan budaya masyarakat Lampung.

“Festival Nemui Nyimah bukan hanya merayakan tradisi dan keunikan budaya Lampung, tetapi juga memperkuat tali silaturahmi di antara kita, merayakan keberagaman, dan menghargai warisan budaya leluhur kita,” ujar Fahrizal Darminto.

Menurutnya, Nemui Nyimah, dengan segala khasanah dan tradisinya, menjadi ciri khas yang membentuk identitas dan keunikan masyarakat Lampung.

“Hari ini, kita hadir di sini sebagai satu keluarga besar Lampung, bersatu dalam semangat persaudaraan. Festival ini memperlihatkan kepada dunia betapa kaya dan indahnya budaya Lampung yang telah kita wariskan dari generasi ke generasi,” tambahnya.

Sekdaprov Lampung juga menyampaikan arah kebijakan pembangunan pariwisata di provinsi tersebut. Pertama, pembangunan desa wisata berbasis pemberdayaan masyarakat, dengan beberapa destinasi unggulan seperti Desa Rigis Jaya, Desa Pulau Pahawang, dan Desa Wisata Kelawi.

“Semua destinasi ini telah mendapat upaya pendampingan dan mendorong perkembangannya, meraih berbagai prestasi di bidang pariwisata,” ungkapnya.

Kedua, provinsi ini mendukung investasi dalam pembangunan sektor pariwisata berbasis korporasi, seperti proyek Kawasan Wisata Terintegrasi Bakauheni Harbour City (BHC).

Provinsi Lampung juga memberikan sambutan baik terhadap Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia yang dicanangkan pemerintah pusat, dengan target pergerakan wisatawan nusantara 1,2 – 1,4 juta sepanjang tahun 2023.

Berdasarkan data Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), Provinsi Lampung menempati peringkat ketiga tertinggi dalam capaian pergerakan wisatawan nusantara di Pulau Sumatera, mencapai 10.260.000, melampaui hampir dua kali lipat dari target awal 5.490.000.

Dalam penutupannya, Sekdaprov berharap Festival Nemui Nyimah Tahun 2023 menjadi tonggak kebersamaan yang membawa berkah dan kebahagiaan bagi masyarakat Lampung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Bobby Irawan, menyatakan bahwa festival ini diadakan untuk mendukung Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia dan memeriahkan peringatan HUT Korpri ke-52.

Festival Nemui Nyimah, yang berlangsung dari 16 hingga 26 November 2023, menawarkan beragam kegiatan, termasuk Semarak UMKM dan Festival Kuliner, Lomba Mewarnai, Gebyar Pentas Budaya Kuda Lumping, Festival Musik Etnik Lampung, Festival Seni Budaya dan Kejuaraan Pencak Silat Lampung Berjaya, Festival Band Pelajar, Kim Berdendang dan Festival Tambur Tansa, serta Lomba Masak Nasi Goreng Antar OPD.

Diharapkan, Festival Nemui Nyimah Tahun 2023 ini tidak hanya menjadi pesta budaya semata, tetapi juga memberikan dampak positif dalam menggeliatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *