BERITA

Ekspedisi Sumatera Clean Up: Bersama Coca-Cola dan Hotel Radisson, PWI Lampung Galang Gerakan Kumpulkan Sampah Pantai

162
×

Ekspedisi Sumatera Clean Up: Bersama Coca-Cola dan Hotel Radisson, PWI Lampung Galang Gerakan Kumpulkan Sampah Pantai

Sebarkan artikel ini
Ekspedisi Sumatera Clean Up Bersama Coca-Cola dan Hotel Radisson, PWI Lampung Galang Gerakan Kumpulkan Sampah Pantai
Ekspedisi Sumatera Clean Up Bersama Coca-Cola dan Hotel Radisson, PWI Lampung Galang Gerakan Kumpulkan Sampah Pantai

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Coca-Cola Europacific Partners Indonesia dan Radisson Bandar Lampung mengadakan Sumatera Clean Up Get in Action di 13 lokasi yang berbeda.

Kegiatan utama difokuskan di Pantai Harnas, Kecamatan Telukbetung Barat, Bandar Lampung, pada Minggu (16/7/2023), dimulai pukul 08.00 WIB.

Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Daerah.

Ketua PWI Lampung, Wirahadikusumah, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung pariwisata dan menjaga kebersihan lingkungan, terutama di area pantai.

Selain itu, kegiatan ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya memanfaatkan sampah sebagai sumber ekonomi.

“Dalam kegiatan ini, kami juga akan membahas pengelolaan sampah di wilayah pesisir Teluk Lampung dengan tema ‘Sumatera Clean Up Get in Action’,” ujar Wirahadikusumah dalam konferensi pers di Hotel Radisson Bandar Lampung, Sabtu (15/8/2023).

Yayan Sopian, perwakilan dari Public Affairs, Communication, and Sustainability Sumatera bagian Barat PT Coca-Cola Europacific Partners Indonesia, menjelaskan bahwa kolaborasi ini merupakan upaya untuk memberikan edukasi dan pemberdayaan kepada masyarakat agar mereka dapat memanfaatkan sampah sebagai sumber ekonomi.

Melalui konsep sirkulasi ekonomi, mereka akan memperkenalkan bank sampah sebagai langkah untuk mengubah sampah menjadi barang bernilai ekonomi.

“Selain memberikan edukasi, kami juga akan menunjukkan demonstrasi pembuatan paving blok menggunakan bahan dari sampah. Kami berharap gerakan yang dimulai dari Lampung ini dapat berkelanjutan sehingga pantai dan Teluk Lampung bisa bersih dari sampah,” ujar Yayan.

Putri Jennie Hairunisyah, Manajer Sumber Daya Manusia Radisson Lampung Kedaton, menjelaskan bahwa kegiatan pembersihan pantai ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga kebersihan dan keamanan planet kita.

Sebagai bagian dari inisiatif ini, pihaknya akan mengunjungi beberapa pantai untuk membersihkan sampah, terutama sampah plastik yang terbuang di sepanjang pantai.

Program ini telah berlangsung sejak Juni 2022 dan dilakukan dua kali dalam sebulan.

Liza Anggraini, Direktur Penjualan & Pemasaran, menambahkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan visi program Responsible Business mereka, yaitu Think Planet.

Mereka berkomitmen untuk melindungi bumi sebagai tempat tinggal semua makhluk hidup, termasuk menjaga kebersihan pantai.

“Kami berharap para wisatawan dapat kembali ke pantai di Lampung dan membantu melindungi lautan kita dari sampah plastik yang dapat merusak dan mengancam kehidupan bawah laut,” kata Liza.

Namun, Liza menekankan bahwa kegiatan ini tidak hanya sebatas pembersihan pantai, tetapi juga berinisiatif untuk bekerja sama dengan Bank Sampah.

“Kami bekerja sama dengan bank sampah untuk mengumpulkan limbah dari hotel dan mengolahnya menjadi produk yang bermanfaat dan memiliki nilai jual,” tambah Liza.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *