BERITA

BPKP Sambangi Desa Bogorejo dalam Upaya Monev Penurunan Stunting

93
×

BPKP Sambangi Desa Bogorejo dalam Upaya Monev Penurunan Stunting

Sebarkan artikel ini
Monev Penurunan Stunting, BPKP Sambangi Desa Bogorejo
Monev Penurunan Stunting, BPKP Sambangi Desa Bogorejo

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Selasa (23/4/2024), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Lampung melakukan kunjungan ke Posyandu Mawar, Dusun 4, Desa Bogorejo, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran.

Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan penurunan stunting di Kabupaten Pesawaran untuk Tahun Anggaran 2024.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Penyuluhan Dinas P3AP2KB Kabupaten Pesawaran, Endang Susilowati, yang mendampingi kunjungan tersebut, menjelaskan bahwa tim dari BPKP Perwakilan Provinsi Lampung turut didampingi oleh Dinas P3AP2KB Kabupaten Pesawaran dan Tim Percepatan Penanganan Stunting Kabupaten Pesawaran.

Mereka secara langsung memantau proses pengukuran dan penimbangan pada sasaran yang ditetapkan.

“Sasaran yang dimaksud dalam kegiatan ini meliputi Calon Pengantin (Catin), Baduta (Bayi Dibawah Dua Tahun), Balita, Bumil (Ibu Hamil), dan Bufas (Ibu Pasca Persalinan),” ujar Endang.

Selain itu, tim BPKP juga melakukan wawancara dengan sasaran dan pendamping mengenai kondisi kehidupan sehari-hari terkait sanitasi, akses air minum, dan kondisi keluarga sasaran.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa pelaksanaan Percepatan Penurunan Stunting berjalan sesuai dengan arah dan target yang telah ditetapkan.

Menurut Endang, BPKP telah memasukkan pengawasan Percepatan Penurunan Stunting sebagai salah satu Agenda Prioritas Pengawasan (APP) Tahun 2024 sebagai bagian dari tugasnya sebagai auditor intern Pemerintah.

Selain itu, percepatan penurunan stunting juga membutuhkan dukungan dan komitmen dari para pemangku kepentingan serta penggerak program di lapangan.

“Dengan dukungan tersebut, diharapkan Angka Prevalensi Stunting tahun 2024 di Kabupaten Pesawaran dapat menurun secara signifikan dari tahun sebelumnya,” tambahnya.

Kunjungan dari BPKP Perwakilan Provinsi Lampung ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Pesawaran serta memastikan bahwa program tersebut berjalan efektif dan efisien sesuai dengan tujuannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *