BERITA

BPJS Kesehatan Bandar Lampung Siaga Lebaran: Tetap Layani Peserta JKN Selama Libur Idulfitri

31
×

BPJS Kesehatan Bandar Lampung Siaga Lebaran: Tetap Layani Peserta JKN Selama Libur Idulfitri

Sebarkan artikel ini
Libur Lebaran Idulfitri, BPJS Kesehatan Bandar Lampung Tetap Operasional Layani Peserta JKN
Libur Lebaran Idulfitri, BPJS Kesehatan Bandar Lampung Tetap Operasional Layani Peserta JKN

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Menjelang libur Lebaran Idulfitri tahun 2024, BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung menegaskan komitmennya untuk tetap membuka operasional pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam mendapatkan akses layanan kesehatan yang diperlukan meskipun dalam suasana libur.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung, Yessy Rahimi, dalam jumpa pers di Kantor BPJS Kesehatan setempat pada Rabu (20/3/2024), menyatakan komitmen pihaknya untuk memberikan pelayanan selama libur Lebaran, mengacu pada prinsip portabilitas yang menjadi landasan operasional BPJS Kesehatan.

“Prinsip portabilitas tersebut diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia,” ungkap Yessy Rahimi.

Dalam upaya memastikan peserta JKN tetap dapat mengakses layanan kesehatan dengan mudah, BPJS Kesehatan menyediakan berbagai kanal layanan.

Mulai dari pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00-12.00 WIB hingga layanan administrasi melalui WhatsApp Pandawa dengan nomor 08118165165, yang juga dapat diakses pada jam yang sama.

Yessy Rahimi juga menjelaskan bahwa peserta JKN yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak tiga kali kunjungan dalam waktu satu bulan.

“Operasional kantor BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung tetap buka pada tanggal 8-9 April 2024 dan 12-15 April 2024 sekitar pukul 08.00-12.00 WIB. Namun, untuk saat hari raya, pelayanan di kantor cabang diliburkan, tetapi layanan melalui aplikasi dan WhatsApp Pandawa tetap dibuka,” tambahnya.

Yessy juga mengingatkan peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri untuk rutin melakukan pembayaran iuran setiap bulannya pertanggal 10 agar status kepesertaan tetap aktif.

BPJS Kesehatan juga telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 960 ribu kanal pembayaran untuk mempermudah peserta JKN dalam melakukan pembayaran iuran.

Terkait layanan di fasilitas kesehatan, Yessy menjelaskan tentang janji layanan JKN yang telah diterapkan oleh BPJS Kesehatan.

Dengan adanya janji layanan tersebut, peserta dapat merasakan kemudahan dalam mengakses layanan JKN tanpa memerlukan fotokopi berkas, cukup dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Yessy juga mengimbau kepada peserta JKN yang melakukan perjalanan mudik untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan pola makan bergizi, menghindari makanan tinggi gula, memperbanyak minum air putih, istirahat cukup, dan tetap berolahraga ringan.

Pastikan juga kepesertaan JKN tetap aktif sehingga saat membutuhkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan, tidak mengalami kendala apapun.

Dengan berbagai upaya ini, diharapkan peserta JKN dapat merasakan akses layanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara di tengah suasana libur Lebaran Idulfitri tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *