BERITA

Bimtek Keluarga Berintegritas 2024: Kolaborasi Pemkot Bandar Lampung dan KPK RI

39
×

Bimtek Keluarga Berintegritas 2024: Kolaborasi Pemkot Bandar Lampung dan KPK RI

Sebarkan artikel ini
Pemkot Bandar Lampung dan KPK RI Gelar Bimtek Keluarga Berintegritas 2024
Pemkot Bandar Lampung dan KPK RI Gelar Bimtek Keluarga Berintegritas 2024

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI telah mengadakan acara Bimbingan Teknis Keluarga Berintegritas 2024 dengan tujuan memperkuat kesadaran akan pentingnya integritas dalam keluarga.

Acara ini resmi dibuka oleh Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, di Aula Gedung Semergou, Pemkot Bandar Lampung, pada Rabu (6/3/2024).

Menurut Wali Kota Eva Dwiana, ada lima tujuan utama dari kegiatan ini. Pertama, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang perilaku anti-korupsi serta pentingnya membangun keluarga yang berintegritas di kalangan suami istri.

Kedua, mendorong keharmonisan keluarga dalam saling menghargai, mencintai, dan saling mengingatkan untuk berperilaku anti-korupsi.

Selanjutnya, tujuan ketiga adalah menekankan pentingnya keluarga dalam menerapkan nilai-nilai integritas kepada anggota keluarga, baik pasangan suami istri maupun anak-anaknya.

Keempat, meningkatkan keterbukaan pasangan suami istri untuk bersikap kritis terhadap pendapatan di luar penghasilan yang sah.

Dan kelima, mendorong pasangan suami istri untuk menjadi teladan dalam menerapkan nilai-nilai integritas kepada keluarga lainnya serta berperilaku anti-korupsi.

Bunda Eva menambahkan bahwa kegiatan serupa telah beberapa kali diadakan di Bandar Lampung, melibatkan berbagai pihak seperti siswa SMA, masyarakat umum, dan ASN.

Bimtek ini tidak hanya ditujukan untuk suami istri, tetapi juga untuk kepala perangkat daerah, staf ahli pemerintah, camat, perwakilan lurah, serta kepala SMP dan SD di Bandar Lampung.

Dalam sambutannya, Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Rommy Iman Sulaiman, menjelaskan bahwa Bimtek ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman tentang peran dan fungsi KPK dalam mencegah penyimpangan.

Menurut data KPK, sejak tahun 2004 hingga 2024, terdapat 1.681 pelaku korupsi yang diproses, termasuk 371 PNS dan 141 perempuan.

Tujuan dari program Bimtek Keluarga Berintegritas adalah untuk meningkatkan kapabilitas keluarga dan mengingatkan akan pentingnya nilai-nilai integritas seperti jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil, dan kerja keras.

Rommy juga menjelaskan strategi KPK dalam memberantas korupsi, yang meliputi pendidikan anti-korupsi, pencegahan dengan perbaikan sistem, dan penegakan hukum untuk memberikan efek jera kepada para pelaku korupsi.

Selain itu, strategi tersebut membutuhkan dukungan aktif dari masyarakat agar berjalan efektif dan efisien.

Kegiatan Bimbingan Teknis Keluarga Berintegritas 2024 ini merupakan bagian dari agenda awal tahun di Provinsi Lampung, dengan lokasi pelaksanaan di Kota Bandar Lampung dan Metro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *