BERITA

Bersatunya 178 Perguruan Tinggi di Lampung: Raker LLDikti Wilayah II Bahas Kelembagaan, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya

178
×

Bersatunya 178 Perguruan Tinggi di Lampung: Raker LLDikti Wilayah II Bahas Kelembagaan, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya

Sebarkan artikel ini
Raker di Lampung Bareng 178 Perguruan Tinggi, LLDikti Wilayah II Bahas Kelembagaan, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya
Raker di Lampung Bareng 178 Perguruan Tinggi, LLDikti Wilayah II Bahas Kelembagaan, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II kembali menggelar rapat kerja yang melibatkan pimpinan perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

Rapat tersebut berlangsung dari Jumat hingga Minggu, tepatnya pada tanggal 15-17 September 2023, dan menjadi wadah penting bagi 178 pimpinan perguruan tinggi untuk membahas isu-isu kunci dalam dunia pendidikan tinggi.

Mengusung tema “Semarak MBKM untuk Melahirkan Generasi Unggul,” rapat ini digelar di Ballroom Hotel Novotel Lampung.

Dalam suasana yang penuh semangat, para pimpinan perguruan tinggi bersama-sama mencari solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di wilayah ini.

Ketua LLDikti Wilayah II, Iskhaq Iskandar, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa rapat ini memiliki tiga poin utama pembahasan, yaitu kelembagaan, kemahasiswaan, dan sumber daya.

Pertama-tama, terkait kelembagaan, para pimpinan perguruan tinggi menginginkan sosialisasi lebih lanjut mengenai Permendikbud terkait standar nasional dan akreditasi perguruan tinggi.

Iskhaq Iskandar menegaskan bahwa langkah ini akan dilakukan sepanjang tahun ini dan tahun mendatang guna memastikan implementasinya yang tepat.

Kemudian, dalam aspek kemahasiswaan, pimpinan perguruan tinggi berharap LLDikti Wilayah II dapat memfasilitasi kegiatan kompetensi mahasiswa magang.

Selain itu, mereka juga ingin bekerjasama dengan Kementerian Kominfo untuk program magang di bidang digital.

Hal ini dianggap penting untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang relevan dalam era digitalisasi yang terus berkembang.

Iskhaq Iskandar juga menyoroti pentingnya peningkatan kompetensi para dosen.

Dalam konteks ini, kerjasama khususnya dengan Kementerian Kominfo diharapkan dapat membantu mengembangkan talenta digital di kalangan dosen.

Transformasi pendidikan, menurutnya, adalah sebuah keharusan, mengingat adanya perubahan mendasar dalam dunia pendidikan tinggi.

Tanpa mengikuti perkembangan dan perubahan tersebut, perguruan tinggi akan kesulitan bersaing dan berada dalam zona yang tidak aman.

Rapat kerja ini merupakan langkah konkret dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di wilayah Sumbagsel.

Dengan kolaborasi aktif antara LLDikti Wilayah II dan perguruan tinggi, diharapkan semakin banyak generasi unggul yang lahir dari sistem pendidikan tinggi di daerah ini.

Semaraknya semangat MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) akan membawa perubahan positif bagi dunia pendidikan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *