BERITA

Berkilau di Dunia Sains Data: Karya Terbaru Dosen Darmajaya Mengangkat Buku Pengembangan Data Science untuk Mendukung Program Studi Sains Data

124
×

Berkilau di Dunia Sains Data: Karya Terbaru Dosen Darmajaya Mengangkat Buku Pengembangan Data Science untuk Mendukung Program Studi Sains Data

Sebarkan artikel ini
Dosen Darmajaya Terbitkan Buku Data Science sebagai Penunjang Prodi Sains Data
Dosen Darmajaya Terbitkan Buku Data Science sebagai Penunjang Prodi Sains Data

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dalam upaya mendukung Program Studi Data Sains di Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, tiga dosen dengan latar belakang disiplin ilmu yang berbeda telah bekerja sama untuk menerbitkan buku berjudul “Data Science.”

Buku ini memiliki tebal sebanyak 91 halaman dan terdiri dari delapan bab yang ditulis oleh para ahli, yaitu Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs. dari Prodi Teknik Informatika, Yulmaini, S.Kom., M.Cs. dari Prodi Teknik Informatika, dan Hendra Kurniawan, S.Kom., M.T.I. dari Prodi Sains Data.

Penerbitan buku ini merupakan bagian dari luaran Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) dengan judul “Implementasi Rangking Based pada SiMoniK (Sistem Informasi Monitoring Kinerja UMKM) untuk Rekomendasi Strategi Peningkatan Kemandiran UMKM di Bawah Binaan Dinas Koperasi dan UKM Pesawaran.”

Delapan bab yang terdapat dalam buku ini mencakup berbagai aspek penting dalam bidang Data Science, termasuk konsep dasar Data Sciences, konsep Big Data Analytics, konsep, jenis, dan penggunaan data, serta tahapan dalam Data Analytics Lifecycle.

Selain itu, buku ini juga membahas berbagai tools yang digunakan dalam Data Science, penerapan analytical theory, metode clustering, metode klasifikasi, dan konsep Association Rules.

Proses pengerjaan buku ini dilakukan selama satu semester, dan buku ini menawarkan berbagai contoh kasus yang relevan.

Dr. Sri Lestari, selaku Ketua Tim Penulis Buku, menjelaskan bahwa ini merupakan salah satu hasil dari penelitian PTUPT tahun ke-3.

“Selain jurnal, proseding, HKI, juga menerbitkan buku setiap tahunnya,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari situs resmi IIB Darmajaya.

Dr. Sri Lestari berharap bahwa buku ini dapat memberikan manfaat bagi Program Studi Sains Data.

“Buku ini bisa dimanfaatkan untuk proses pembelajaran, baik bagi mereka yang ingin memulai dari awal maupun bagi pemula yang ingin belajar,” tutupnya.

Dengan terbitnya buku ini, diharapkan akan semakin memperkaya literatur dan pengetahuan dalam bidang Data Science di lingkungan akademis IIB Darmajaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *