BERITA

Antrean Kendaraan Terurai, Pelabuhan Merak dan Bakauheni Siap Sambut Nataru Tanpa Hambatan

227
×

Antrean Kendaraan Terurai, Pelabuhan Merak dan Bakauheni Siap Sambut Nataru Tanpa Hambatan

Sebarkan artikel ini
Jelang Nataru, Pelabuhan Merak dan Bakauheni Longgar Tanpa Antrean Kendaraan
Jelang Nataru, Pelabuhan Merak dan Bakauheni Longgar Tanpa Antrean Kendaraan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, turun langsung melakukan pengecekan kesiapan Operasi Lilin 2023-2024 di Pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni, Dermaga 6 Eksekutif, pada Sabtu (23/12/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh ASOPS Kapolri Irjen Pol. Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca, Kakor Sabhara Irjen Pol Hary Sudwijanto, Koordinator Staf Ahli Kapolri Irjen Pol Risyapudin Nursin, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Kapolda Banten Irjen Pol. Abdul Karim, dan pejabat utama Polda Banten.

Menko PMK Muhadjir Effendy memberikan gambaran kondisi Pelabuhan Merak saat ini, menyatakan bahwa pelabuhan masih dalam kondisi longgar tanpa adanya lonjakan arus kendaraan yang masuk.

Selain itu, dia menjelaskan bahwa situasi cuaca juga terpantau aman, dengan koordinasi terus dilakukan bersama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Banten, terutama terkait aktivitas Gunung Anak Krakatau yang saat ini sedang tidak beraktifitas.

Baca Juga:  447 Narapidana di Lapas Kalianda Memperoleh Remisi saat Idulfitri 2024, Dua Seketika Bebas

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga memberikan informasi terkait debit kendaraan yang masuk ke Pintu Tol Cikupa.

Dia mengungkapkan bahwa situasi di pintu Tol Cikupa masih terpantau landai, dengan debit kendaraan yang masuk per jamnya masih di bawah 3000.

Budi Karya Sumadi menekankan bahwa kondisi ini masih dianggap normal, namun jika terjadi lonjakan, strategi akan diambil untuk menahan sementara kendaraan yang masuk ke Pintu Tol Cikupa guna menghindari penumpukan di Pelabuhan Merak.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengapresiasi sinergitas dan kolaborasi dari semua pihak yang terlibat dalam persiapan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Dia berharap kerjasama ini dapat menciptakan kondisi yang tertib, aman, dan nyaman selama perayaan tersebut.

Aan Suhanan juga memberikan himbauan kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan, agar memastikan kondisi fisik mereka dalam keadaan baik dan melakukan pengecekan kendaraan terlebih dahulu.

Baca Juga:  Tanda Bahaya! Pembelian Tiket Online Kapal Ferry Terakhir di Dekat Pelabuhan Bakauheni dan Merak – Waktu Terbatas!

Dia menegaskan pentingnya menjaga kesehatan, kendaraan, serta berlaku tertib di jalan agar kerjasama dengan petugas di lapangan dapat berjalan dengan baik.

Di lokasi, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mendapatkan pemaparan dari Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Firman Darmansyah dan melaksanakan rapat terbatas bersama stakeholder.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Firman Darmansyah menyatakan bahwa sinergitas tersebut bertujuan untuk membantu dan memudahkan masyarakat serta memperlancar proses penyeberangan, termasuk dalam hal tertib administrasi tiketing dan antrian di jalan raya dengan keselamatan.

Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro, dalam wawancara, menjelaskan bahwa situasi dan kondisi Pelabuhan Merak pada tanggal 23 Desember 2023 masih longgar tanpa adanya antrian yang panjang, baik di Dermaga 6 Eksekutif maupun di Dermaga 1 sampai 7 Pelabuhan Merak.

Baca Juga:  Penumpang Hilang Setelah Jatuh dari Anjungan Kapal Feri Virgo di Perairan Rimau Balak Bakauheni

Dia mengimbau para pemudik untuk tetap memperhatikan keselamatan dalam berkendara dan melakukan pengecekan kendaraan sebelum melanjutkan perjalanan.

Dengan kerjasama yang baik antara petugas di lapangan dan masyarakat, diharapkan Natal dan Tahun Baru 2024 dapat dirayakan dengan lancar dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *