BERITA

Antisipasi Musim Kemarau di Lampung Selatan: Warga Diminta Berhati-Hati agar Terhindar dari Penyakit ISPA dan Tidak Membakar Sampah Sembarangan

155
×

Antisipasi Musim Kemarau di Lampung Selatan: Warga Diminta Berhati-Hati agar Terhindar dari Penyakit ISPA dan Tidak Membakar Sampah Sembarangan

Sebarkan artikel ini
Hadapi Kemarau, Pemkab Lampung Selatan Waspadai Penyakit ISPA, Minta Warga tak Bakar Sampah Sembarangan
Hadapi Kemarau, Pemkab Lampung Selatan Waspadai Penyakit ISPA, Minta Warga tak Bakar Sampah Sembarangan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, memimpin apel mingguan yang digelar di Lapangan Korpri, Kalianda, Komplek Pemkab pada Senin (9/10/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Thamrin menyampaikan amanat dari Bupati Lampung Selatan, yang menekankan pentingnya kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THLS) dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai penyelenggara pemerintahan daerah.

Dalam sambutannya, Thamrin menekankan bahwa kedisiplinan merupakan aspek yang tak boleh diabaikan dalam menjalankan tugas pemerintahan.

“Ini (disiplin) sangat ditekankan untuk diterapkan dan tidak boleh diabaikan. Kedisiplinan ini penting untuk dilaksanakan sebagai bentuk kedisiplinan saudara dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan,” ujar Thamrin.

Selain itu, Thamrin juga memberikan imbauan kepada seluruh peserta apel, terutama masyarakat pada umumnya, untuk tetap waspada terhadap potensi dampak kemarau yang masih berlangsung.

Ia mengingatkan bahwa musim kemarau panjang dapat memberikan dampak yang merugikan, seperti peningkatan kasus penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat banyaknya debu di udara.

“Dampak dari kemarau panjang salah satunya makin maraknya masyarakat terkena penyakit ISPA akibat banyaknya debu. Saya kira kita semua bisa memproteksi diri dan keluarga dengan memakai masker ketika keluar rumah untuk meminimalisir penyakit,” tambah Thamrin.

Thamrin menjelaskan bahwa curah hujan yang minim dan suhu yang tinggi dapat menyebabkan sejumlah masalah serius, seperti krisis air bersih, kebakaran hutan, dan kelangkaan pangan.

Oleh karena itu, ia mengingatkan masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan, karena tindakan tersebut dapat memicu kebakaran yang merusak hutan dan pemukiman warga.

“Selain itu, senantiasa berhati-hati dan jangan membakar sampah sembarangan atau membuang puntung rokok di lahan-lahan kering. Karena tentunya hal tersebut akan dapat memicu terjadinya kebakaran,” tegas Thamrin.

Sekda Thamrin berharap dengan peningkatan disiplin ASN dan THLS serta kesadaran masyarakat dalam menghadapi dampak kemarau, Kabupaten Lampung Selatan dapat mengatasi tantangan-tantangan yang muncul dan menjaga keamanan serta kesejahteraan seluruh warganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *