BERITA

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik: KAI Tanjungkarang Siapkan 29 Kereta Rangkai dan Ratusan Petugas Keamanan untuk Puncak 7 April

23
×

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik: KAI Tanjungkarang Siapkan 29 Kereta Rangkai dan Ratusan Petugas Keamanan untuk Puncak 7 April

Sebarkan artikel ini
Puncak Arus Mudik Diprediksi 7 April, KAI Tanjungkarang Siapkan 29 Kereta Rangkai dan Ratusan Petugas Keamanan
Puncak Arus Mudik Diprediksi 7 April, KAI Tanjungkarang Siapkan 29 Kereta Rangkai dan Ratusan Petugas Keamanan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – PT KAI Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang telah menyelesaikan persiapan menyeluruh sarana operasional dan prasarana yang andal untuk melayani pemudik mulai dari 31 Maret hingga 21 April 2024.

Menurut Januri, Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjungkaran, semua sarana telah melalui proses pengecekan menyeluruh.

“Kami memastikan bahwa lokomotif dan kereta kami dalam kondisi prima untuk beroperasi,” ujarnya.

Pemeliharaan dan pengecekan rutin dilakukan untuk menjamin keamanan, kelancaran, dan ketepatan waktu selama angkutan Lebaran Idulfitri 2024.

“Kami telah menyiapkan empat lokomotif seri CC201 dan 29 kereta terangkai untuk KA Rajabasa relasi Tanjungkarang – Kertapati (PP) serta KA Kuala Stabas relasi Tanjungkarang – Baturaja (PP),” tambah Januri.

Proses pemeliharaan, mulai dari perawatan harian hingga perawatan 24 bulan, dilakukan di Depo Lokomotif dan Depo Kereta.

Pemeliharaan pada tingkat yang lebih intensif, seperti perawatan 24 bulan, dilakukan di Balai Yasa Lahat untuk memastikan semua sarana layak operasi.

Selain itu, untuk mengantisipasi gangguan seperti amblasan dan longsor, Divre IV Tanjungkarang telah menyiapkan alat material untuk siaga di 18 titik strategis di sepanjang jalur kereta api.

Divre IV Tanjungkarang juga telah menempatkan enam kereta penolong di beberapa stasiun strategis, serta menyediakan kereta dan lokomotif cadangan untuk mengatasi gangguan yang mungkin terjadi.

“Untuk mengamankan perjalanan KA, kami juga menyiapkan 42 penjaga jalan lintas tambahan,” tambah Januri.

KAI memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-3 atau 7 April 2024, sementara puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H+3 atau 14 April 2024.

Kapasitas tempat duduk juga telah ditingkatkan dari 51.480 menjadi 58.968 kursi sebagai respons terhadap antusiasme masyarakat yang tinggi.

Penambahan kapasitas ini akan membuat estimasi jumlah pelanggan naik dari 57.506 menjadi 59.928, naik sekitar 135% dibanding tahun sebelumnya.

Untuk memastikan keamanan selama perjalanan, PT KAI telah menyiapkan 305 tenaga pengamanan, termasuk personel Polsuska, Security, Babin, Polri, dan TNI.

Seluruh layanan kereta api di Divre IV Tanjungkarang telah melalui uji kelayakan baik oleh pihak internal maupun eksternal seperti pemerintah.

Pengecekan meliputi berbagai aspek mulai dari keselamatan hingga kebersihan stasiun dan kereta.

Divre IV Tanjungkarang berkomitmen untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan perjalanan selama angkutan Lebaran Idulfitri 2024.

Ini merupakan bagian dari upaya mereka untuk memastikan momen Lebaran Idulfitri 2024 dirayakan dengan penuh makna bagi seluruh pelanggan kereta api.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *