BERITA

Antisipasi Keterlambatan Panen: Durian Siap Menggoda Pencinta Buah Mulai Pertengahan Januari 2024 di Bandar Lampung

290
×

Antisipasi Keterlambatan Panen: Durian Siap Menggoda Pencinta Buah Mulai Pertengahan Januari 2024 di Bandar Lampung

Sebarkan artikel ini
Terlambat Berbuah, Musim Buah Durian di Bandar Lampung Diprediksi Mulai Pertengahan Januari 2024
Terlambat Berbuah, Musim Buah Durian di Bandar Lampung Diprediksi Mulai Pertengahan Januari 2024

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Musim buah durian di sekitar Bandar Lampung dan sekitarnya diprediksi akan dimulai pertengahan Januari 2024, yang merupakan keterlambatan dari jadwal biasanya yang dimulai pada bulan Desember.

Faktor utama yang mempengaruhi penundaan ini adalah kemarau panjang yang melanda beberapa sentra buah durian, mengakibatkan pohon durian terlambat berbuah.

Akibatnya, saat ini kondisi buah durian di batang masih seukuran kepalan tangan orang dewasa.

Wahyu, seorang pedagang durian di kawasan Batu Putu, Jalan Wan Abdurrahman, Kelurahan Batu Putu, Kecamatan Telukbetung Utara, Bandar Lampung, mengungkapkan, “Sekarang buahnya masih kecil-kecil. Prediksi kami, musim buah durian mulai berlangsung pertengahan Januari tahun depan.”

Wahyu telah bersiap menyambut musim durian tahun depan dengan menggelontorkan dana sekitar Rp60 juta ke pemilik kebun durian.

Baca Juga:  Ini Dia Kolaborasi Dosen Prodi Teknik Informatika dalam Memaparkan Artificial Intelligence bersama NTVU di Tiongkok

Dia telah memberikan uang muka kepada beberapa pemilik pohon durian agar dapat segera berdagang di kawasan wisata tersebut.

Menurut Wahyu, puncak musim durian tahun 2024 diharapkan berlangsung hingga bulan puasa. “Mudah-mudahan bulan puasa nanti jualan durian tetap laku,” ujarnya.

Wahyu, yang memiliki lapak besar bergaya pondokan, tetap berjualan durian untuk meramaikan sentra durian dengan mendatangkan buah durian dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Hingga saat ini, dia menjadi satu-satunya pedagang durian di sepanjang Jalan Wan Abdurrahman hingga Sumberrejo, Kelurahan Kemiling.

Meskipun di sentra durian lainnya, seperti Jalan Radim Imbakesuma Ratu, Kecamatan Tanjungkarang Barat, atau di sekitar Tugu Durian, beberapa lapak tetap berjualan durian, mereka mengakui bahwa durian tersebut berasal dari luar Lampung.

Baca Juga:  Rahasia Sukses: Panduan Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah 2024 - Dapatkan Pendidikan Gratis dan Uang Saku!

Situasi ini menunjukkan keberagaman asal durian yang beredar di pasaran lokal, menciptakan dinamika tersendiri dalam penjualan dan konsumsi buah durian di kawasan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *