BERITA

Dramatis! Tragedi Kehilangan Dugol, Sang Gajah Jantan Pemberani di Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur

87
×

Dramatis! Tragedi Kehilangan Dugol, Sang Gajah Jantan Pemberani di Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur

Sebarkan artikel ini
Dugol, Gajah Jantan Liar Paling Ditakuti Warga di Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur Ditemukan Mati
Dugol, Gajah Jantan Liar Paling Ditakuti Warga di Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur Ditemukan Mati

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kabar duka menyelimuti Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur, setelah gajah liar berjenis jantan yang dikenal sebagai Dugol ditemukan mati.

Dugol, yang terkenal sebagai gajah soliter dan ditakuti oleh sesama gajah jantan di hutan, meninggalkan tanda tanya besar tentang penyebab kematiannya.

Sejauh ini, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai TNWK, Hermawan, belum dapat memberikan keterangan resmi terkait peristiwa ini.

“Saya mendapat informasi baru sore ini kalau ada gajah mati, saya harus minta data dulu sama anggota yang ada di lokasi,” ungkap Hermawan pada Minggu (24/12/2023).

Hermawan menegaskan keberadaan seekor gajah liar yang ditemukan mati, namun penyebab kematiannya masih menjadi misteri dan tengah dalam penanganan oleh dokter hewan Balai TNWK.

Narasumber yang enggan disebut identitasnya memberikan keterangan bahwa Dugol ditemukan mati pada dini hari, tepatnya di sekitar seksi PLG pada tanggal 24 November 2023.

Informasi ini mengguncang komunitas yang selama ini mengikuti jejak dan kepribadian unik Dugol.

Dugol, merupakan gajah liar jenis jantan yang dikenal karena selalu menjelajah sendirian, tidak takut dengan sesama gajah, dan menjadi momok menakutkan bagi gajah lain di hutan Way Kambas.

Keberanian Dugol terlihat ketika ia masuk ke areal pertanian warga tanpa takut dihalau oleh banyak orang atau terganggu dengan bunyi petasan.

“Dugol itu aneh, tidak punya gading tapi berani dan ditakuti. Jika makan tanaman warga, petani lebih baik diam karena ketika kenyang, Dugol akan pergi sendiri,” ungkap Edy, salah seorang warga setempat.

Dengan kepergian Dugol, masyarakat dan pihak TNWK merasakan kehilangan besar terhadap salah satu gajah liar yang menjadi ikon di kawasan tersebut.

Masih menjadi pertanyaan besar, apa yang menyebabkan kematian Dugol, dan masyarakat pun menanti klarifikasi resmi dari pihak TNWK terkait insiden ini.