UMUM

Perhatian Wanita! Hindari Tujuh Kebiasaan Ini yang Bisa Membuat Rambut Cepat Rontok dan Rusak

5
×

Perhatian Wanita! Hindari Tujuh Kebiasaan Ini yang Bisa Membuat Rambut Cepat Rontok dan Rusak

Sebarkan artikel ini
Wanita Perlu Tahu dan Waspada, Tujuh Kebiasaan ini Bisa Bikin Rambut Cepat Rontok dan Rusak
Wanita Perlu Tahu dan Waspada, Tujuh Kebiasaan ini Bisa Bikin Rambut Cepat Rontok dan Rusak

Media90 – Kebanyakan orang, terutama para wanita, tidak menyadari bahwa sejumlah kebiasaan sehari-hari dapat menyebabkan rambut rontok hingga kebotakan.

Normalnya, rambut manusia rontok sekitar 50-100 helai per hari.

Jika jumlahnya lebih dari itu, perlu diwaspadai dan dirawat lebih lanjut.

Dilansir dari berbagai sumber oleh Media90, banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok berlebihan, seperti genetik, ketidakseimbangan hormon, masalah metabolisme, kesehatan, dan kebiasaan sehari-hari yang kurang sehat.

Berikut ini adalah tujuh kebiasaan yang dapat menyebabkan rambut rontok berlebih, terutama bagi para wanita:

  1. Mengikat rambut terlalu kencang: Mengikat rambut terlalu kencang dapat membuat rambut lebih cepat rontok. Menurut Dr. Chytra V Anand, seorang dokter kulit kosmetik dan CEO Klinik Kosmoderma, ikatan rambut yang terlalu kencang memberikan tekanan dan merusak folikel rambut. Dalam kasus terburuk, hal ini dapat menyebabkan traksi alopecia, kondisi di mana folikel melemah secara permanen dan rambut tidak bisa tumbuh lagi.
  2. Tidak menggunakan pelindung panas: Menggunakan alat catok atau pemanas lain tanpa pelindung panas dapat membuat rambut cepat rontok dan rusak. Panas yang intens tanpa perlindungan merusak keratin pada lapisan luar rambut, menyebabkan rambut kehilangan kelembapan dan mudah patah.
  3. Keramas dengan menggosok batang rambut: Cara keramas yang salah juga bisa memengaruhi kesehatan rambut. Pakar American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan untuk memijat sampo pada kulit kepala dan membiarkan sampo mengalir ke batang dan ujung rambut saat dibilas. Hindari menggosok batang rambut saat keramas.
  4. Menyisir rambut saat masih basah: Rambut basah sangat rentan patah dan rontok. AAD merekomendasikan untuk membiarkan rambut cukup kering sebelum menyisirnya jika memiliki rambut lurus. Gunakan sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut keriting atau bertekstur dalam kondisi lembap.
  5. Menggosok rambut dengan handuk: Mengeringkan rambut dengan menggosoknya menggunakan handuk dapat membuat rambut cepat rontok dan rusak. Sebaiknya bungkus rambut dengan handuk dan biarkan air terserap, kemudian biarkan rambut kering secara alami atau gunakan hair dryer dengan suhu rendah.
  6. Menggunakan produk hair styling yang tahan lama: Produk penataan rambut yang menawarkan daya tahan lama dapat memicu kerusakan atau kerontokan pada rambut. Bijaklah dalam memilih produk hair styling agar tidak merusak rambut.
  7. Memakai produk perawatan rambut yang mengandung alkohol: Alkohol dalam produk perawatan rambut bisa membuat rambut menjadi kering dan rapuh, sehingga mudah patah saat disisir. Disarankan untuk memeriksa komposisi produk dan mempertimbangkan produk yang tidak mengandung alkohol.
Baca Juga:  Semangat Gemini Muncul di Hari Kerja: 4 Agustus 2023

Dengan memperhatikan kebiasaan-kebiasaan ini, diharapkan dapat mencegah rambut rontok dan menjaga kesehatan rambut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *