TEKNOTIPS

Trik 7 Untuk Menjaga Keamanan Akun dan Data di Instagram: Pengaturan Privasi yang Wajib Diubah

93
×

Trik 7 Untuk Menjaga Keamanan Akun dan Data di Instagram: Pengaturan Privasi yang Wajib Diubah

Sebarkan artikel ini
7 Pengaturan privasi Instagram yang harus diubah untuk menjaga akun dan data kamu tetap aman
7 Pengaturan privasi Instagram yang harus diubah untuk menjaga akun dan data kamu tetap aman

Media90 – Privasi online menjadi perhatian besar saat ini, terutama di platform media sosial seperti Instagram.

Ancaman seperti pelanggaran data, phishing, pencurian identitas, dan penguntitan online semakin meresahkan pengguna.

Bahkan aplikasi sebesar Instagram tidak kebal terhadap risiko ini. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk memahami pengaturan yang tersedia untuk meningkatkan keamanan dan privasi akun mereka.

Mengapa Privasi Instagram Penting?

Pengguna Instagram menghadapi berbagai ancaman privasi. Selain kekhawatiran umum terkait profil yang dapat diakses publik, juga ada risiko yang tersembunyi seperti server iklan pihak ketiga, bot, dan potensi peretasan data.

Tekanan dari pemerintah dan masyarakat telah mendorong platform seperti Instagram untuk meningkatkan perlindungan privasi pengguna.

Pengaturan Privasi yang Penting

Berikut adalah tujuh pengaturan privasi yang sangat berguna untuk meningkatkan keamanan akun Instagram dari berbagai sudut:

  1. Jadikan Profil Pribadi: Langkah pertama yang sederhana tetapi efektif adalah menjadikan profil menjadi pribadi. Ini memungkinkan kontrol penuh atas siapa yang dapat melihat, mengomentari, dan berinteraksi dengan postingan dan cerita Anda.
  2. Blokir atau Batasi Pengguna: Anda dapat memblokir pengguna individu atau membatasi akses mereka terhadap akun Anda. Fungsi ini memungkinkan Anda mengontrol interaksi dengan akun yang mungkin mengganggu.
  3. Perbarui Pengaturan Cerita: Untuk cerita yang Anda bagikan, Anda dapat memilih siapa yang dapat melihatnya. Ini memungkinkan Anda untuk membagikan cerita secara selektif kepada pengikut tertentu atau kelompok yang dipilih.
  4. Hentikan Berbagi Lokasi: Matikan fitur berbagi lokasi untuk menghindari pelacakan geografis oleh Instagram. Ini membantu melindungi privasi lokasi Anda dari digunakan untuk tujuan iklan atau rekomendasi.
  5. Sembunyikan Status Aktivitas: Nonaktifkan status aktivitas agar orang lain tidak dapat melihat kapan Anda aktif di Instagram. Ini memberikan privasi tambahan saat menjelajahi aplikasi.
  6. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor (2FA): Tingkatkan keamanan akun dengan mengaktifkan 2FA. Ini menambahkan lapisan tambahan keamanan di luar kata sandi Anda, mengurangi risiko peretasan akun.
  7. Setujui Penandaan Secara Manual: Kontrol siapa yang dapat menandai Anda dalam foto dengan mengatur preferensi penandaan. Dengan mengalihkan penandaan menjadi manual, Anda dapat menyetujui setiap penandaan sebelum dipublikasikan.

Dengan mengakses pengaturan ini melalui situs web atau aplikasi Instagram, Anda dapat meningkatkan privasi dan keamanan akun Anda secara signifikan.

Dengan demikian, Anda dapat menjelajahi platform tanpa khawatir akan privasi dan keamanan data Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *