TEKNOTIPS

Solusi Mudah: 6 Langkah Membuka File Gambar HEIC di Android

147
×

Solusi Mudah: 6 Langkah Membuka File Gambar HEIC di Android

Sebarkan artikel ini
6 Cara membuka file gambar dengan format HEIC di perangkat Android
6 Cara membuka file gambar dengan format HEIC di perangkat Android

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Saat mengabadikan momen dengan iPhone, gambar yang dihasilkan akan disimpan dalam format High Efficiency Image Container (HEIC atau HEIF).

Dibandingkan dengan format lain seperti JPEG dan PNG, HEIC mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi namun dengan ukuran file yang lebih kecil.

Meskipun sistem operasi Android 10 memperkenalkan kompatibilitas dengan format HEIC, memungkinkan pengguna untuk membuka file tersebut di perangkat Google Pixel dan ponsel Android lainnya, masih ada tantangan bagi pengguna perangkat yang lebih lama dan beberapa aplikasi yang belum mendukung format ini.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna harus mengonversi file HEIC ke format yang dapat diterima sebelum mengunggahnya.

Melalui layanan penyimpanan cloud seperti Google Foto, serta berbagai aplikasi pihak ketiga, proses ini dapat dilakukan dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cara membuka file HEIC di Android

Pengguna dapat membuka file HEIC di perangkat Android yang menjalankan OS Android 10.

HEIC adalah format default yang digunakan untuk mengambil gambar di perangkat Apple seperti iPhone dan iPad yang menjalankan iOS 11, iPadOS, dan macOS High Sierra atau versi yang lebih baru.

Baca Juga:  Ponsel Android Masa Depan Siap Dilengkapi Dengan Chatbot Seperti ChatGPT Tanpa Ketergantungan pada Cloud

Sebelumnya, perangkat Apple menggunakan format JPG.

Jika gambar HEIC dikirim ke perangkat Android terbaru, formatnya akan tetap dipertahankan dan tidak secara otomatis diubah menjadi format lain.

Beberapa aplikasi yang mendukung format HEIC termasuk Google Foto dan File Google.

Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi penyimpanan cloud seperti Drive dan Dropbox, atau menginstal aplikasi penampil HEIC khusus dari Play Store.

2. Cara membuka file HEIC di Android melalui Google Photos

Unggah atau cadangkan gambar HEIC ke Google Photos untuk melihatnya dalam format aslinya. Google Photos tidak akan mengonversinya, bahkan saat pengguna mengunduhnya ke perangkat.

Demikian juga, versi situs web Google Photos akan mempertahankan format default.

Baca Juga:  Tiba-tiba Terobosan: 5 Fitur Utama yang Bakal Menggebrak di iPhone 16 Pro Max

Selain itu, tidak perlu mengonversi file HEIC karena ukurannya sudah kecil. Google Photos merupakan layanan penyimpanan cloud yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengakses gambar dan video kapan saja.

Pengguna juga dapat membuat tautan yang dapat dibagikan agar orang lain dapat melihat foto tersebut.

3. Cara membuka file HEIC di Android dengan pengelola file

Google File memiliki dukungan HEIC bawaan, memungkinkan pengguna untuk melihat gambar tanpa perangkat lunak konversi tambahan.

Pengguna juga dapat mengedit gambar di dalam aplikasi ini, yang memiliki fitur serupa dengan Google Foto.

Selain itu, aplikasi File Saya Samsung juga bekerja dengan cara yang sama untuk pengguna perangkat Galaxy. Aplikasi ini harus diinstal sebelumnya untuk pengguna Galaxy.

4. Cara membuka file HEIC dengan opsi penyimpanan cloud dan aplikasi pihak ketiga

Sebagian besar aplikasi penyimpanan cloud memiliki dukungan HEIC dan menyediakan antarmuka web dan aplikasi untuk mengakses file.

Baca Juga:  Mengabadikan Keindahan Bulan Purnama dengan Ponsel Android

Beberapa aplikasi, seperti Google Drive, tidak secara otomatis mengonversi file HEIC saat diunduh. Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur ekstensif di luar dukungan HEIC dasar.

5. Cara mengubah pengaturan pengambilan gambar default ke JPG di perangkat Apple

Bagi pengguna Apple yang sering berbagi file dengan perangkat lain, disarankan untuk mengubah pengaturan pengambilan gambar default ke format JPG.

Meskipun tidak banyak perbedaan kualitas, langkah ini dapat mempermudah berbagi file dengan pengguna Android atau perangkat lainnya.

6. Mengelola file HEIC dengan aplikasi Google

File HEIC tidak akan menjadi masalah jika pengguna memiliki iPhone, namun akan menjadi kendala jika berbagi dengan pengguna Android yang tidak mendukung format tersebut.

Menggunakan Google Drive atau Google Foto dapat menjadi solusi efektif, memungkinkan pengguna untuk membagikan tautan ke file dan menghemat ruang penyimpanan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna Android dapat mengatasi tantangan dalam membuka dan mengelola file gambar HEIC, memastikan bahwa mereka tetap dapat mengakses dan berbagi gambar dengan mudah, tanpa terkendala oleh format file.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *