TEKNO

Ponsel Android Masa Depan Siap Dilengkapi Dengan Chatbot Seperti ChatGPT Tanpa Ketergantungan pada Cloud

181
×

Ponsel Android Masa Depan Siap Dilengkapi Dengan Chatbot Seperti ChatGPT Tanpa Ketergantungan pada Cloud

Sebarkan artikel ini
Ponsel cerdas Android mendatang dapat memiliki chatbot seperti ChatGPT tanpa perlu Cloud
Ponsel cerdas Android mendatang dapat memiliki chatbot seperti ChatGPT tanpa perlu Cloud

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Chipset Qualcomm telah menjadi tulang punggung bagi berbagai ponsel cerdas, tablet Android, dan sebagian PC Windows.

Belum lama ini, Qualcomm mengumumkan beberapa terobosan yang menarik, yang bisa membawa fitur chatbot lokal seperti ChatGPT atau generator gambar ke ponsel cerdas Android berikutnya tanpa bergantung pada server eksternal atau langganan berbayar seperti Cloud.

Salah satu inovasi yang diungkapkan oleh Qualcomm adalah Qualcomm AI Hub, yang memberikan akses kepada pengembang aplikasi untuk menggunakan model AI yang dioptimalkan.

Selain itu, mereka juga mengumumkan modem 5G baru yang ditenagai oleh AI. Yang lebih menarik, Qualcomm membahas kemampuan untuk menjalankan large language model (LLM) di ponsel Android menggunakan chip Snapdragon Qualcomm.

Hal ini berpotensi memungkinkan eksekusi tugas AI secara lokal di smartphone, mengurangi ketergantungan pada layanan eksternal seperti ChatGPT atau Microsoft Copilot.

Pendekatan ini tidak hanya memberikan keuntungan dalam hal privasi, tetapi juga meningkatkan kegunaan, karena tidak ada ketergantungan pada server eksternal untuk memproses respons, dan semua data tetap berada di perangkat pengguna.

Dalam sebuah siaran pers, Qualcomm bahkan mengklaim memiliki LMM pertama di dunia yang berjalan di ponsel Android, meskipun spesifikasi perangkat keras yang digunakan tidak dijelaskan secara rinci. Namun, diduga ponsel tersebut menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 3 terbaru dari Qualcomm.

Qualcomm juga menampilkan demo LMM parameter 7+ miliar yang mampu menerima berbagai jenis input data dan menghasilkan percakapan multi putaran dengan asisten AI tentang gambar, yang berjalan di ponsel Android untuk pertama kalinya.

Selain itu, mereka juga memamerkan versi terbaru dari Stable Diffusion, generator gambar AI yang populer, yang juga berjalan di ponsel Android.

Teknologi ini memberikan opsi Adaptasi Peringkat Rendah (LoRa) yang mengurangi ukuran data pelatihan tanpa mengorbankan kualitas atau kinerja.

Meskipun pengaturan ini tidak sekuat Stable Diffusion yang berjalan pada kartu grafis desktop atau server GPU jarak jauh, Qualcomm telah berhasil menguji demo Stable Diffusion di ponsel Android yang mampu menghasilkan gambar 512×512 dalam waktu kurang dari 15 detik.

Demo ini lebih merupakan pencapaian teknis untuk perangkat keras Qualcomm, dan kemungkinan besar Qualcomm akan membagikan hasil kerjanya melalui AI Hub mereka kepada pengembang lain, sehingga mereka dapat mengintegrasikan teknologi ini ke dalam aplikasi ponsel dan tablet mereka sendiri.

Dengan demikian, dapat diprediksi bahwa pengguna ponsel Android akan segera mendapatkan asisten seperti ChatGPT tanpa harus tergantung pada cloud.

Bahkan, teknologi serupa juga sedang dalam pengembangan oleh Apple untuk iPhone mereka, menjanjikan masa depan yang menarik untuk kemajuan AI di perangkat seluler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *