TEKNO

Migrasi Epik: Mengenal Port USB-C pada iPhone 15 Series

7
×

Migrasi Epik: Mengenal Port USB-C pada iPhone 15 Series

Sebarkan artikel ini
Fakta yang perlu diketahui mengenai port USB-C iPhone 15 Series
Fakta yang perlu diketahui mengenai port USB-C iPhone 15 Series

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Migrasi dari Lightning ke USB-C pada perangkat iPhone 15 Series telah menjadi salah satu perbincangan hangat di kalangan para penggemar setia produk Apple.

Setelah lebih dari satu dekade mengandalkan konektor Lightning, Apple akhirnya mengambil langkah besar dengan mengadopsi USB-C pada perangkat terbarunya.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang port USB-C pada iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

USB-C: Standar Baru yang Revolusioner

USB-C, atau Universal Serial Bus Type-C, adalah standar koneksi yang digunakan pada sebagian besar perangkat elektronik modern.

Salah satu kelebihan utama dari USB-C adalah desainnya yang simetris dengan 24 pin, yang memungkinkan Anda menyambungkannya dengan mudah tanpa perlu khawatir tentang orientasi yang benar.

Ini adalah perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan konektor Lightning khas Apple.

Kelebihan USB-C tidak hanya terbatas pada desainnya yang lebih user-friendly.

Konektor ini telah diadopsi secara luas oleh berbagai produsen dan perangkat, termasuk laptop, smartphone, dan aksesori lainnya.

Selain itu, pengguna juga mendapatkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi berkat standar USB 3.1 yang lebih baru yang digunakan dalam USB-C.

Satu Kabel untuk Semua Perangkat Apple

Peralihan Apple ke USB-C pada iPhone 15 Series memiliki manfaat besar, yaitu penggunaan satu kabel untuk mengisi daya dan mentransfer data pada berbagai perangkat Apple, termasuk Mac, iPad, AirPods Pro generasi kedua, dan lainnya.

Baca Juga:  Optimalkan Sensitivitas Layar Sentuh di Ponsel Android: Panduan Lengkap

Yang menarik, port USB-C pada iPhone ini juga kompatibel dengan sebagian besar ponsel Android, memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam penggunaan kabel yang sama.

Selain kompatibilitas yang lebih luas, USB-C pada iPhone 15 Series juga memungkinkan transfer data dan pengisian daya yang lebih cepat.

Inilah mengapa peralihan ini menjadi sorotan banyak orang.

Fakta Menarik tentang USB-C pada iPhone 15 Series

  1. Varian Port USB-C: Keempat model iPhone 15 yang dirilis tahun ini, yaitu iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max, semuanya beralih dari port Lightning ke USB Type-C. Namun, perlu diingat bahwa hanya iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang dilengkapi dengan port USB-C 3 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 10Gbps, sedangkan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus menggunakan USB-C 2 yang memiliki kecepatan hingga 480Mbps. Ini mungkin tidak memengaruhi kecepatan pengisian daya, tetapi berdampak pada transfer data.
  2. Kabel iPhone 15 Series: Semua model iPhone 15 dilengkapi dengan kabel pengisian daya cepat USB-Tipe C ke USB-Tipe C. Namun, perlu diingat bahwa kabel ini hanya mendukung USB 2.0. Dengan kabel ini, Anda dapat mengisi daya AirPods Pro generasi kedua atau Apple Watch yang diperbarui langsung dari iPhone menggunakan konektor USB-C yang baru. Selain itu, kabel ini dapat digunakan dengan berbagai kabel USB-C-ke-C lainnya.
  3. Aktivasi USB 3.0 pada iPhone 15 Pro dan Pro Max: Untuk mengaktifkan transfer data 10Gbps yang lebih cepat pada iPhone 15 Pro atau 15 Pro Max, Anda perlu menggunakan kabel Thunderbolt 4 yang dijual secara terpisah oleh Apple. Kabel Thunderbolt 4 ini mendukung berbagai fungsi, termasuk transfer data USB 4 hingga 40Gb/dtk, transfer data USB 3.2 hingga 10Gb/dtk, output video DisplayPort (HBR3), dan pengisian daya hingga 100W. Alternatifnya, Anda dapat mencari kabel USB-C 3 pihak ketiga yang mendukung kecepatan transfer USB 3.1 atau 10Gbps.
  4. Adaptor Pengisian Daya yang Disarankan: iPhone 15 dan 15 Plus mendukung pengisian daya hingga 20W, sementara model Pro dapat mengisi daya lebih cepat dengan 35W. Keempat perangkat ini mendukung teknologi Power Delivery (PD), yang berarti Anda dapat menggunakan adaptor PD Apple atau adaptor non-Apple dengan daya output yang sesuai untuk mengisi daya dengan efisien. Dengan adaptor 20W, Anda dapat mengisi daya iPhone 15 dari 0 hingga 50% dalam waktu hanya 30 menit, setara dengan kinerja iPhone 14 yang menggunakan port Lightning.
Baca Juga:  iPhone 15: Mengintip Spesifikasi Kamera Terbaru yang Segera Rilis!

Peralihan Apple dari Lightning ke USB-C pada iPhone 15 Series telah membuka banyak peluang dan manfaat baru bagi pengguna.

Selain keserbagunaannya yang meningkat, transfer data yang lebih cepat, dan pengisian daya yang efisien, penggunaan satu kabel untuk berbagai perangkat Apple membuat pengalaman pengguna semakin mudah dan efisien.

Semua ini menjadikan USB-C pada iPhone 15 Series sebagai fitur yang patut disoroti dan dinantikan oleh para penggemar Apple di seluruh dunia.