TEKNO

Menerapkan Verifikasi Dua Langkah di Google Tanpa Perlu Nomor Telepon: Cara Baru untuk Keamanan yang Lebih Fleksibel

39
×

Menerapkan Verifikasi Dua Langkah di Google Tanpa Perlu Nomor Telepon: Cara Baru untuk Keamanan yang Lebih Fleksibel

Sebarkan artikel ini
Sekarang kamu bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah di Google tanpa menambahkan nomor telepon
Sekarang kamu bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah di Google tanpa menambahkan nomor telepon

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Google kembali memperbarui proses pengaturan keamanan akun dengan menghadirkan kemudahan baru dalam penggunaan verifikasi dua langkah (2SV).

Kabar baiknya adalah, pengguna sekarang dapat mengaktifkan 2SV tanpa perlu menambahkan nomor telepon mereka.

Sebelum perubahan ini, Google menuntut pengguna untuk memberikan nomor telepon mereka sebelum dapat mengatur metode verifikasi dua langkah.

Namun, kini pengguna dapat langsung menuju ke pengaturan akun dan memilih metode verifikasi yang mereka inginkan tanpa harus terikat dengan nomor telepon.

Langkah ini sangat disambut baik oleh pengguna, karena metode verifikasi berbasis nomor telepon dinilai kurang aman.

Hal ini disebabkan karena kode sandi satu kali (OTP) yang dikirim melalui SMS dapat diakses oleh peretas jika perangkat pengguna dicuri.

Google kini menawarkan tiga opsi untuk mengatur verifikasi dua langkah. Pertama, pengguna dapat menggunakan aplikasi autentikator seperti Google Authenticator atau Microsoft Authenticator.

Alternatif lainnya adalah menggunakan aplikasi sumber terbuka seperti Aegis Authenticator untuk Android, atau 2FA (Android, iOS) atau Ente Auth (Android, iOS).

Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan kunci keamanan perangkat keras seperti YubiKey untuk melindungi akun Google mereka. Kunci ini akan didaftarkan sebagai kredensial FIDO1 meskipun kuncinya mendukung FIDO2.

Selanjutnya, pengguna dapat membuat kunci sandi untuk akun Google mereka, yang akan didaftarkan sebagai kredensial FIDO2. Kunci sandi meminta pengguna untuk memasukkan PIN kunci mereka untuk verifikasi lokal.

Saat ini, kunci sandi semakin populer di kalangan pengguna. Google mengungkap bahwa penggunaannya untuk otentikasi telah melampaui 1 miliar kali dalam lebih dari 400 juta akun dalam waktu kurang dari setahun.

Perubahan ini tidak hanya berlaku untuk pelanggan Google Workspace, tetapi juga tersedia untuk semua pengguna termasuk akun pribadi.

Implementasi perubahan ini akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan. Jika belum dilakukan, pengguna disarankan untuk segera mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk Akun Google mereka dari halaman keamanan Akun.

Dengan demikian, mengaktifkan 2SV akan memberikan lapisan perlindungan tambahan terhadap upaya peretasan, bahkan jika kata sandi pengguna bocor.

Google terus berkomitmen untuk meningkatkan keamanan akun pengguna dengan memperkenalkan inovasi-inovasi seperti ini.

Respon (1)

  1. Bliss Keto is a popular keto supplement that claims to support weight loss and promote a
    state of ketosis in the body.

    My blog; Bliss Keto Reviews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *