TEKNO

Inovasi Terbaru: Chip TSMC 2nm Menghadirkan Smartphone Lebih Dingin, Lebih Cepat, dan Lebih Efisien!

291
×

Inovasi Terbaru: Chip TSMC 2nm Menghadirkan Smartphone Lebih Dingin, Lebih Cepat, dan Lebih Efisien!

Sebarkan artikel ini
Inovasi Terbaru Chip TSMC 2nm Menghadirkan Smartphone Lebih Dingin, Lebih Cepat, dan Lebih Efisien!
Inovasi Terbaru Chip TSMC 2nm Menghadirkan Smartphone Lebih Dingin, Lebih Cepat, dan Lebih Efisien!

Media90 – Teknologi prosesor terus berkembang pesat, membawa inovasi baru dalam bentuk chip yang lebih bertenaga, lebih kecil, dan lebih efisien.

Salah satu contohnya adalah penggunaan chip 4 nm pada iPhone 14 Pro Max.

Namun, perhatian kini beralih pada langkah besar berikutnya dalam industri semikonduktor, yaitu uji coba produksi chip 2 nm oleh TSMC.

TSMC, perusahaan manufaktur semikonduktor terkemuka, sedang bersiap untuk memulai uji coba produksi chip 2 nm yang dapat digunakan oleh Apple dan Nvidia.

Langkah ini menandai kemajuan signifikan dalam kekuatan dan efisiensi chip, dengan potensi untuk menghasilkan perangkat yang lebih canggih.

TSMC telah mengirim sekitar 1.000 peneliti dan pengembang ke pabrik baru mereka di Taiwan untuk memulai eksperimen ini.

Meskipun fasilitas produksi chip 2 nm masih dalam tahap pembangunan, segera setelah selesai, pabrik tersebut akan menjadi fasilitas manufaktur semikonduktor yang canggih.

Rencananya, TSMC akan memulai produksi massal chip 2 nm pada tahun 2025.

Teknologi 2 nm yang dikembangkan oleh TSMC diharapkan dapat mengungguli chip 3 nm sebelumnya dalam hal kecepatan dan konsumsi daya.

Dengan menggunakan voltase daya yang sama, chip 2 nm diperkirakan akan memiliki kecepatan 10-15% lebih tinggi daripada chip 3 nm.

Selain itu, mereka juga akan mengkonsumsi daya 25-30% lebih sedikit saat beroperasi pada kecepatan yang sama.

Chip 2nm TSMC Membuat Smartphone Lebih Dingin, Lebih Cepat, dan Lebih Efisien
Chip 2nm TSMC Membuat Smartphone Lebih Dingin, Lebih Cepat, dan Lebih Efisien

Kemajuan ini memiliki potensi untuk meningkatkan kinerja perangkat yang menggunakan chip ini, memberikan kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi sambil mengurangi konsumsi energi.

Selain itu, ukuran yang lebih kecil dan konsumsi energi yang lebih rendah dari chip 2 nm dapat membantu mengatasi masalah panas berlebih yang sering terjadi pada perangkat seperti konsol genggam dan laptop gaming, sehingga meningkatkan stabilitas dan keandalan mereka.

Langkah TSMC dalam mempersiapkan produksi chip 2 nm ini mungkin terlihat tidak begitu signifikan pada awalnya, namun sebenarnya memiliki dampak besar bagi industri.

Sebagai produsen chip untuk banyak perusahaan teknologi terkemuka, termasuk Apple dan Nvidia, TSMC memiliki potensi untuk menciptakan ponsel, komputer, kartu grafis, dan konsol game yang lebih bertenaga dengan menggunakan chip 2 nm ini.

Dengan terus berkembangnya teknologi prosesor, kita dapat mengharapkan peningkatan yang lebih lanjut dalam kinerja perangkat elektronik di masa depan.

Inovasi seperti chip 2 nm membawa harapan baru akan perangkat yang lebih kuat, lebih efisien, dan lebih handal, mendorong kemajuan teknologi yang lebih lanjut dalam berbagai industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *