TEKNO

Indosat Menyongsong Lonjakan Trafik Data Jelang Idul Fitri dengan Penguatan Kapasitas Jaringan hingga ke Daerah Terpencil

70
×

Indosat Menyongsong Lonjakan Trafik Data Jelang Idul Fitri dengan Penguatan Kapasitas Jaringan hingga ke Daerah Terpencil

Sebarkan artikel ini
Antisipasi kenaikan trafik data jelang Idul Fitri, Indosat perkuat kapasitas jaringan hingga pelosok
Antisipasi kenaikan trafik data jelang Idul Fitri, Indosat perkuat kapasitas jaringan hingga pelosok

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) telah meramalkan bahwa mobilitas arus mudik pada Hari Raya Idul Fitri 2024 akan mencapai 71,7% dari total penduduk Indonesia.

Dengan pergerakan massa yang diproyeksikan meningkat, trafik data Indosat juga diantisipasi akan naik sebesar 17% dibandingkan dengan rata-rata trafik harian sepanjang tahun 2024.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, lonjakan trafik data terbesar terjadi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lampung.

Fenomena ini dipicu oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari penggunaan media sosial hingga game online seperti TikTok, WhatsApp, YouTube, Facebook, Instagram, Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Indosat telah meluncurkan program “Unparalleled Network Services Guaranteed” untuk memberikan jaminan kelancaran konektivitas selama periode Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Program ini meliputi peningkatan kapasitas jaringan hingga 32% lebih besar dari rata-rata harian, penambahan 2.145 situs baru, 38 mobile BTS (MBTS), serta penguatan jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan akses metro fiber optic.

Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di jalur kereta, jalan tol (termasuk Trans Jawa dan Trans Kalimantan), serta ratusan titik dan jalur prioritas lainnya seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, masjid, rest area, bandara, terminal, pelabuhan, dan stasiun.

Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menyatakan bahwa optimalisasi ini juga didukung oleh jangkauan jaringan Indosat yang semakin meluas hingga ke wilayah kecamatan dan desa. Indosat juga menjamin kehandalan layanan ini kepada seluruh pelanggan.

Untuk memastikan keberhasilan program ini, Indosat telah menyiapkan lebih dari dua ribu petugas teknis di lapangan serta tim Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) yang siap bekerja 24 jam.

Indosat juga telah mengaktifkan Command Center 24/7 sejak 7 hingga 13 April 2024, serta Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) yang diperkuat oleh sistem berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi.

Selain memperkuat infrastruktur jaringan, Indosat juga berkomitmen untuk memberdayakan perekonomian lokal melalui program “Indosat Berkah Ramadan”.

Sebanyak 115 Program Gerobak Berkah telah disalurkan kepada para penjaga masjid (marbot) di 57 lokasi di seluruh Indonesia.

Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan langsung dalam bentuk pemberdayaan usaha ekonomi kecil yang dilakukan oleh para marbot di berbagai lokasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *