TEKNO

Fitur Baru Android 15 Ini Bisa Memperpanjang Umur Baterai Ponsel Anda

75
×

Fitur Baru Android 15 Ini Bisa Memperpanjang Umur Baterai Ponsel Anda

Sebarkan artikel ini
Fitur Android 15 ini dapat meningkatkan masa pakai baterai ponsel
Fitur Android 15 ini dapat meningkatkan masa pakai baterai ponsel

Media90 – Android 15 masih beberapa bulan lagi akan diluncurkan. Namun, sejauh ini Google telah merilis dua build Pratinjau Pengembang OS ini sebagai persiapan untuk rilis beta publiknya yang diharapkan akan diumumkan pada acara I/O yang belum lama ini berlangsung.

Bocoran mengenai fitur-fitur baru di Android 15 pun mulai bermunculan, salah satunya adalah fitur adaptive timeout, yang menjanjikan peningkatan masa pakai baterai ponsel.

Mengatur Batas Waktu Layar dengan Fleksibilitas

Pada Android 15, kamu dapat mengatur batas waktu layar ponsel mulai dari 15 detik hingga 30 menit.

Selain itu, ada opsi untuk mengatur ponsel agar mengunci sendiri segera setelah batas waktu layar habis atau setelah penundaan tertentu yang dapat disesuaikan dari 5 detik hingga 30 menit.

Beberapa ponsel juga dilengkapi dengan fitur perhatian layar yang memastikan layar tidak mati saat kamu sedang melihatnya.

Cara Kerja Fitur Adaptive Timeout

Fitur adaptive timeout akan mematikan layar lebih awal jika kamu tidak menggunakan perangkat, yang dapat membantu menghemat daya baterai.

Sayangnya, detail spesifik tentang cara kerja fitur ini masih belum tersedia. Namun, kemungkinan besar fitur ini akan menggunakan kamera depan untuk mendeteksi apakah kamu sedang menggunakan ponsel, mirip dengan cara kerja fitur perhatian layar.

Manfaat Adaptive Timeout bagi Baterai

Jika diterapkan dengan benar, adaptive timeout dapat memperpanjang masa pakai baterai ponsel dengan mematikan layar secara otomatis saat tidak digunakan.

Hal ini terutama akan terasa manfaatnya jika kamu sering menjaga kecerahan layar ponsel pada tingkat maksimal.

Selain menghemat baterai, fitur ini juga membantu menjaga privasi dengan memastikan tidak ada yang bisa mengintip konten di layar saat kamu tidak menggunakannya.

Ketersediaan Fitur Adaptive Timeout

Berdasarkan beberapa penggalian kode, fitur adaptive timeout kemungkinan akan eksklusif untuk ponsel Google Pixel yang menjalankan Android 15.

Fitur ini tampaknya tidak akan menjadi bagian dari kode dasar Android (AOSP). Jadi, meskipun ponsel non-Pixel kamu mendapatkan Android 15, fitur adaptive timeout mungkin tidak akan tersedia kecuali produsen perangkat kamu memutuskan untuk mengimplementasikannya.

Mengingat sebagian besar ponsel Android sudah mendukung perhatian layar, ada sedikit alasan bagi mereka untuk tidak mendukung fitur adaptive timeout ini.

Dengan hadirnya fitur adaptive timeout di Android 15, pengguna dapat berharap pada peningkatan efisiensi penggunaan baterai ponsel mereka, menjadikan pengalaman menggunakan perangkat lebih nyaman dan hemat energi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *