TEKNO

5 Ikoni Aplikasi iPhone yang Wajib Kamu Ketahui: Mengupas Makna Tersembunyi di Baliknya!

122
×

5 Ikoni Aplikasi iPhone yang Wajib Kamu Ketahui: Mengupas Makna Tersembunyi di Baliknya!

Sebarkan artikel ini
5 Ikoni Aplikasi iPhone yang Wajib Kamu Ketahui Mengupas Makna Tersembunyi di Baliknya!
5 Ikoni Aplikasi iPhone yang Wajib Kamu Ketahui Mengupas Makna Tersembunyi di Baliknya!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Apple, sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, sering kali menyematkan makna tersembunyi dalam produk dan perangkat lunaknya.

Tidak terkecuali untuk ikon-ikon aplikasi yang ada di iPhone dan iPad.

Jika kamu pengguna setia iPhone atau iPad, berikut adalah tujuh hal tersembunyi yang mungkin belum kamu ketahui mengenai ikon-ikon tersebut.

Ikon Jam: Lebih dari Hanya Ikon

Pernahkah kamu memperhatikan ikon aplikasi Jam di layar utama iPhone? Ternyata, ikon tersebut adalah tampilan jam analog yang sebenarnya berfungsi.

Jika kamu melihat dengan seksama, ikon jam akan menampilkan waktu yang sama dengan waktu yang tertera di bilah status, lengkap dengan jarum detik yang bergerak terus-menerus.

Sebuah detail kecil yang menarik, bukan?

Ikon Apple Maps: Simbol Kampus Apple

Sebelum Apple Maps diluncurkan, Google Maps adalah aplikasi peta yang digunakan di iOS.

Namun, tahukah kamu bahwa ikon Apple Maps sebenarnya melambangkan lokasi kantor pusat Apple di Cupertino, California? Pada awalnya, ikon tersebut menggambarkan gedung kantor pusat Apple di 1 Infinite Loop.

Kemudian, dengan dirilisnya iOS 7, ikon Apple Maps diperbarui untuk mencerminkan perubahan lokasi kampus Apple.

Ikon tersebut kini menggambarkan Apple Campus 2, yang kemudian dikenal sebagai Apple Park.

Pada iOS 11, ikon Apple Maps kembali diperbarui dengan gambar bangunan pesawat luar angkasa yang merupakan salah satu ciri khas Apple Park.

Detail-detail seperti ini menunjukkan perhatian Apple terhadap rincian yang halus.

Ikon Senter: Sentuhan Warna yang Menarik

Aplikasi senter pada iPhone memiliki sebuah rahasia menarik terkait ikonnya.

Saat kamu menyalakan senter melalui layar kunci atau pusat kontrol, warna ikon tersebut akan berubah sesuai dengan kondisi penggunaannya.

Jika kamu menekan lama ikon senter di layar kunci untuk menyalakannya, sakelar pada ikon tersebut akan bergerak dari posisi mati di bagian bawah ke posisi hidup di bagian atas.

Di pusat kontrol, warna ikon senter juga berubah menjadi biru saat dinyalakan.

Detail-detail ini menambahkan sentuhan interaktif yang menarik pada penggunaan sehari-hari.

Ikon Podcast: Asal Usul Nama dan Desain yang Cerdas

Meskipun podcast bukanlah ciptaan Apple, namun perusahaan ini telah memainkan peran penting dalam popularitas format tersebut.

Ketika Apple pertama kali mendukung podcast melalui iTunes pada tahun 2005, mereka merilis aplikasi Podcast resmi untuk iOS pada tahun 2012.

Ketika merancang ikon aplikasi Podcast, Apple menggunakan huruf “i” yang merupakan ciri khas pada produk iPod untuk menyoroti keterkaitannya dengan perangkat tersebut.

Desain huruf “i” ini juga memiliki kemiripan dengan bahu, kepala, dan mikrofon seseorang.

Dalam ikon tersebut, Apple berhasil menggambarkan asal usul istilah “podcast” dan menjadikannya sebagai simbol penghargaan terhadap kesuksesan format tersebut.

Ikon Voice Memos: Penghormatan untuk Steve Jobs

Ikon aplikasi Voice Memos memiliki sebuah cerita menarik di baliknya. Jika kamu melihat dengan cermat, bentuk gelombang yang terdapat dalam ikon tersebut sebenarnya melambangkan suara mendiang Steve Jobs yang mengucapkan kata “Apple”.

Ikon ini pertama kali muncul dalam iOS 7, menggantikan ikon mikrofon yang sebelumnya digunakan.

Pada iOS 12, Apple melakukan perubahan kecil pada desain ikon ini, menggantikan tampilan gelombang hitam-putih dengan gelombang merah dan putih yang ditampilkan di atas latar belakang hitam, dengan penanda playhead biru yang mencolok.

Makna tersembunyi di balik ikon-ikon aplikasi iPhone dan iPad menunjukkan perhatian Apple terhadap detail serta keinginan mereka untuk memberikan pengalaman yang istimewa bagi pengguna.

Saat kamu menggenggam iPhone atau iPad berikutnya, jangan lupa untuk mengamati dengan seksama ikon-ikon tersebut dan temukan makna tersembunyi lainnya!