OTOMOTIF

Waspadalah! Kunci Ring dan Baut Tertukar Bisa Menyulitkan!

245
×

Waspadalah! Kunci Ring dan Baut Tertukar Bisa Menyulitkan!

Sebarkan artikel ini
Fungsi Kunci Ring, Baut Bisa Ngelos Kalau Tertukar Dengan Kunci Pas!
Fungsi Kunci Ring, Baut Bisa Ngelos Kalau Tertukar Dengan Kunci Pas!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dalam dunia otomotif, kunci ring atau yang dikenal dengan sebutan closed-end wrench memiliki peran penting.

Secara sederhana, alat ini digunakan untuk mengencangkan atau membuka baut segi enam. Meskipun serupa dengan kunci pas alias open-end wrench, terdapat perbedaan penting di antara keduanya.

Kunci ring adalah alat yang umum digunakan dalam dunia otomotif karena banyaknya baut bermodel segi enam yang populer digunakan di kendaraan, baik motor maupun mobil.

Biasanya, kunci ring hadir dalam kombinasi dengan kunci pas di sisi lainnya.

Namun, terdapat anggapan yang keliru bahwa fungsi kunci ring dan kunci pas sama, padahal ada perbedaan mendasar di antara keduanya.

Fungsi Kunci Ring:

  1. Membuka dan Mengencangkan Baut Segi Enam: Kunci ring dirancang khusus untuk membuka dan mengencangkan baut segi enam. Penggunaannya mirip dengan kunci pas, yaitu dengan memutar searah jarum jam untuk mengencangkan baut dan melawan arah jarum jam untuk membukanya. Namun, perlu diingat bahwa beberapa baut mungkin memiliki arah putaran yang berlawanan.
  2. Hanya Dapat Digunakan Jika ada Ruang yang Cukup: Kunci ring hanya dapat digunakan jika ada cukup ruang di sekitar baut. Hal ini disebabkan oleh bentuknya yang bulat dan seluruh sisinya tertutup. Misalnya, Anda tidak dapat menggunakan kunci ring untuk baut yang terletak di area yang sulit dijangkau.
  3. Lebih Aman untuk Torsi Lebih Besar: Kunci ring cocok untuk situasi di mana Anda perlu mengencangkan baut dengan torsi yang besar. Karena seluruh sisi kunci ring tertutup, alat ini dapat memberikan cengkraman yang kuat pada baut segi enam, mengurangi risiko slip saat penggunaan torsi tinggi.
Baca Juga:  Rahasia Sukses Sewa Mobil di Liburan: 7 Tips Penting yang Harus Kamu Ketahui agar Liburanmu Tak Merugi!

Untuk baut yang sulit dibuka, disarankan untuk menggunakan cairan penetran sebagai pelumas sebelum mencoba membukanya.

Cairan tersebut membantu melonggarkan baut yang mungkin telah terlalu lama menempel.

Perbedaan antara Kunci Ring dan Kunci Pas:

  • Kunci Ring: Bentuknya bulat dan seluruh sisinya tertutup. Lebih aman saat memutar baut dan cocok untuk torsi yang besar, tetapi hanya dapat digunakan jika ada ruang yang cukup untuk memasangnya di sekitar baut.
  • Kunci Pas: Memiliki satu sisi yang terbuka, yang membuatnya lebih fleksibel untuk digunakan dalam ruang yang terbatas. Namun, ada risiko kunci slip saat mengencangkan baut dengan torsi tinggi.

Selain itu, kunci ring seringkali hadir dalam satu alat dengan kunci pas dalam satu set yang disebut kunci kombinasi. Penggunaannya tergantung pada kebutuhan dan situasi spesifik.

Baca Juga:  MG Meluncurkan Mobil Hybrid Pertamanya dengan Harga 'Hanya' Rp389 Juta

Harga kunci ring bervariasi tergantung pada ukuran dan mereknya. Kunci ring ratchet, yang memiliki mekanisme khusus untuk kerja lebih cepat, juga tersedia, tetapi sebaiknya digunakan dengan hati-hati, terutama pada torsi tinggi.

Mekanisme ratchet memungkinkan putaran satu arah yang lebih cepat, namun kurang aman untuk torsi yang kuat.

Dengan pemahaman tentang fungsi kunci ring dan perbedaannya dengan kunci pas, Anda dapat lebih percaya diri dalam melakukan perbaikan kendaraan atau pekerjaan mekanik lainnya.

Kunci ring adalah alat yang sangat berguna dalam dunia otomotif, dan pengetahuan ini dapat membantu Anda merawat kendaraan Anda dengan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *