OTOMOTIF

Telusuri Detail Yamaha MX-King: Mengembalikan Sorotan pada Motor yang Hampir Dilupakan

294
×

Telusuri Detail Yamaha MX-King: Mengembalikan Sorotan pada Motor yang Hampir Dilupakan

Sebarkan artikel ini
Intip Spesifikasi Lengkap Yamaha MX-King, Motor Yang Mulai Terlupakan
Intip Spesifikasi Lengkap Yamaha MX-King, Motor Yang Mulai Terlupakan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Bicara mengenai segmen motor bebek, belakangan ini, perhatian masyarakat tampaknya mulai bergeser dari motor bebek ke motor skutik.

Motor skutik kini menjadi primadona dengan alasan utama adalah kemudahan dan kenyamanan berkendara.

Tanpa perlu repot-repot mengganti gigi, motor skutik memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman – cukup gas dan rem, maka perjalanan pun dimulai.

Beberapa tahun yang lalu, Yamaha Jupiter MX menjadi salah satu motor bebek yang cukup tren di Indonesia.

Dirilis pertama kali pada tahun 2005, Jupiter MX memasuki segmen bebek bertema sport dan berhasil meraih popularitas yang cukup baik.

Mesin 135cc yang dimilikinya saat itu memberikan keunggulan, dan bersaing dengan motor bebek lainnya seperti Yamaha Vega dan Yamaha Jupiter.

Kemudian, pada tahun 2015, Yamaha memperkenalkan generasi ketiga Jupiter MX dengan nama Yamaha Jupiter MX-King.

Perubahan paling mencolok terletak pada peningkatan kapasitas mesin menjadi 150cc, yang menjadikannya lebih bertenaga.

Baca Juga:  Naiknya Harga Honda HR-V Oktober 2023: Pertimbangkan Pilihan Mobil Bekas

Namun, sayangnya, dalam beberapa tahun belakangan ini, nama Yamaha Jupiter MX-King mulai redup, terutama di tengah tren meningkatnya penggunaan motor skutik di Indonesia, terutama di kota-kota seperti Jakarta yang dikenal dengan kemacetannya.

Meskipun demikian, Yamaha Jupiter MX-King tetap menawarkan daya tariknya. Bagaimana spesifikasi Yamaha Jupiter MX-King di tahun 2021 ini?

Spesifikasi Yamaha Jupiter MX-King 2021: Tetap Tangguh dan Modern

Mesin Yamaha Jupiter MX-King tetap menggunakan mesin berkapasitas 150 cc, 1 silinder, SOHC, injeksi, berpendingin cairan, dan 4 tak.

Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 15 hp @8.500 rpm dengan torsi 13,8 Nm @7.000 rpm.

Meskipun mesinnya tetap sama sejak pertama kali dirilis pada tahun 2015, Yamaha memberikan update di tahun 2021 dengan penambahan fitur yang lebih lengkap.

Baca Juga:  Diskon Heboh Ford untuk Merayakan Akhir Tahun - Nikmati Promo Spesial 10 Persen!

Transmisi manual 5 percepatan memberikan pengendalian yang baik, sementara chasis yang ringan menambah kestabilan.

Yamaha juga memasang fitur lampu depan LED pada Jupiter MX-King 2021, memberikan peningkatan kualitas pencahayaan, sedangkan speedometer digital menyajikan informasi lengkap seperti kecepatan, rpm, posisi gigi, trip meter, dan indikator bahan bakar.

Satu daya tarik utama Jupiter MX-King adalah ban lebar dan tubeless, dengan ukuran yang cukup besar di bagian depan (90/80) dan belakang (120/70), memberikan kestabilan dan tampilan yang atraktif.

Suspensi dan Rem: Sporty dan Aman

Sistem suspensi teleskopik di bagian depan dan model monoshock di belakang memberikan tampilan sporty dan kenyamanan berkendara.

Sementara rem cakram ganda di bagian depan dan belakang memberikan pengereman yang aman dan efektif.

Harga Yamaha Jupiter MX-King 2021: Pertimbangan Sebelum Membeli

Namun, meskipun Yamaha Jupiter MX-King menawarkan performa yang tangguh dan fitur modern, salah satu faktor yang membuatnya mulai terlupakan adalah harga.

Baca Juga:  Tinjauan Kelebihan dan Kekurangan Sebelum Membeli Toyota Yaris 2022

Dengan kisaran harga Rp24 jutaan, Jupiter MX-King memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan dibandingkan dengan skutik 150 cc.

Hal ini membuat sebagian masyarakat beralih ke motor skutik yang dianggap lebih praktis dan ekonomis.

Masyarakat yang masih setia pada motor bebek dengan kopling seperti Yamaha Jupiter MX-King mungkin terbatas, terutama di tengah kemacetan di kota-kota besar seperti Jakarta.

Meskipun demikian, bagi pecinta motor manual, Jupiter MX-King tetap menjadi pilihan yang menarik dengan performa yang galak, terutama di putaran mesin bawah dan tengah.

Tren pergeseran dari motor bebek ke skutik mungkin terus berlanjut, namun Yamaha Jupiter MX-King tetap menyajikan pengalaman berkendara yang berbeda dan menarik, menjadikannya sebagai opsi menarik bagi mereka yang masih menghargai keasyikan berkendara dengan motor bebek sporty.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *