OTOMOTIFTIPS

Tata Cara dan Persyaratan Terbaru Tahun 2024 untuk Penggantian Plat Nomor Motor

88
×

Tata Cara dan Persyaratan Terbaru Tahun 2024 untuk Penggantian Plat Nomor Motor

Sebarkan artikel ini
Biaya Ganti Plat Motor Cara Dan Syarat Terbaru 2024
Biaya Ganti Plat Motor Cara Dan Syarat Terbaru 2024

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Biaya ganti plat motor perlu diketahui bagi setiap pemilik kendaraan, terutama saat melakukan proses ini setiap lima tahun sekali.

STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan plat nomor menjadi hal yang penting dalam urusan ini. Meskipun pajak harus dibayar setiap tahun, perpanjangan masa berlaku STNK harus dilakukan setiap lima tahun.

Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib mengurus surat kepemilikan sebagai bukti kepemilikan yang sah. Tanpa dokumen ini, kendaraan dianggap ilegal dan bisa diproses secara hukum.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengurus surat kendaraan dengan benar. Namun, masih banyak orang yang tidak tahu cara mengurus perpanjangan STNK dan plat nomor.

Banyak dari masyarakat mengandalkan jasa calo dan biro jasa karena alasan waktu yang terbatas.

Namun, mengurus surat kendaraan sendiri sekarang lebih mudah karena pihak kepolisian telah memperbaiki sistem dan prosesnya.

Cara Mengurus Perpanjang Pajak 5 Tahunan

Pertama-tama, kita perlu tahu syarat-syarat yang diperlukan untuk mengurus perpanjangan pajak STNK setiap lima tahunan. Beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain:

  • Sertakan STNK motor asli beserta fotokopi
  • KTP asli dan fotokopi
  • Pastikan nama pada KTP sesuai dengan yang tertera di STNK
  • Gunakan surat kuasa jika mengurus kendaraan milik orang lain
  • Bawa BPKB asli dan fotokopi
  • Untuk kendaraan perusahaan, sertakan surat keterangan domisili perusahaan (SKDP), nomor pokok wajib pajak (NPWP) perusahaan, surat izin usaha perdagangan (SIUP), dan tanda daftar perusahaan (TDP)

Setelah syarat-syarat tersebut dipenuhi, langkah pertama yang harus dilakukan saat mendatangi Samsat adalah melakukan pemeriksaan fisik atau “esek-esek” nomor rangka dan mesin.

Biasanya, tidak ada biaya untuk pemeriksaan ini, namun petugas biasanya meminta imbalan sekitar Rp10 ribu hingga Rp20 ribu.

Menuju Loket Pembayaran

Setelah mendapatkan hasil pemeriksaan kendaraan, langkah berikutnya adalah menuju loket pembayaran. Formulir beserta dokumen yang disiapkan sebelumnya akan diserahkan di loket ini.

Setelah pembayaran lunas, Anda akan menerima struk pembayaran yang merupakan bukti pembayaran saat mengambil STNK yang baru.

Setelah itu, Anda bisa menuju loket pembuatan pelat nomor. Waktu tunggu untuk pembuatan pelat nomor biasanya sekitar 30 menit.

Biaya Ganti Plat Motor Terbaru

Berapa biaya ganti plat motor? Biaya tergantung pada jenis kendaraan. Berikut adalah kisaran biaya untuk ganti plat nomor motor 5 tahunan:

  • Cek fisik: Rp10-20 ribu per unit kendaraan
  • STNK: Menyesuaikan dengan STNK
  • Ganti STNK: Sekitar Rp100 ribuan
  • Pembuatan pelat nomor: Rp60 ribu – Rp100 ribuan

Total biaya mencapai sekitar Rp160 ribu saja, belum termasuk biaya lain seperti SWDKLLJ (asuransi kecelakaan Jasa Raharja), yang biayanya sekitar Rp35 ribu.

Pembayaran pajak kendaraan sekarang juga bisa dilakukan secara online melalui SAMSAT untuk wilayah DKI Jakarta.

Dengan total biaya kurang dari Rp400 ribu, biaya ganti plat motor 5 tahunan ini bisa dikatakan cukup terjangkau, mengingat pembayarannya hanya setiap lima tahun sekali.

Pentingnya STNK yang Sah

STNK merupakan bukti registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang sah. Pengesahan STNK dilakukan oleh kepolisian setiap tahun, dan ketidakpatuhan dalam pembayaran pajak bisa mengakibatkan STNK dianggap tidak sah.

Membawa STNK yang tidak sah saat berkendara dapat mengakibatkan tilang.

Dengan memahami proses dan biaya yang terlibat dalam penggantian plat nomor motor, diharapkan pemilik kendaraan bisa mengurusnya dengan lebih efisien dan tepat waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *