OTOMOTIF

Rincian Harga dan Jadwal Lengkap Naik LRT Jabodebek

195
×

Rincian Harga dan Jadwal Lengkap Naik LRT Jabodebek

Sebarkan artikel ini
Mau Naik LRT Jabodebek Ini Harga Dan Jadwal Lengkapnya
Mau Naik LRT Jabodebek Ini Harga Dan Jadwal Lengkapnya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dalam upaya mengurangi kemacetan lalu lintas di wilayah Jabodetabek, pengoperasian Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi telah diresmikan.

Salah satu aspek yang sangat dinantikan oleh masyarakat adalah pengumuman harga tiket LRT Jabodebek, yang akhirnya telah diumumkan sebagai salah satu langkah positif untuk mendukung mobilitas perkotaan yang lebih efisien.

Dengan tarif yang terbilang terjangkau, diharapkan LRT ini dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam menggunakan transportasi umum, sehingga kemacetan lalu lintas bisa berkurang secara signifikan.

Harga tiket LRT Jabodebek telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

Menurut keputusan ini, harga tiket LRT Jabodebek akan dimulai dari Rp5.000 untuk satu kilometer pertama, dengan tambahan Rp700 per kilometer selanjutnya.

Namun, ada berita baik untuk masyarakat, terutama dalam rangka peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-78.

Menurut unggahan resmi akun Instagram LRT Jabodebek, tarif LRT saat ini diberlakukan dengan diskon 78%, yang berarti tarif flat Rp5.000 untuk semua lintas pelayanan hingga akhir bulan September 2023.

Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menjelaskan bahwa skema tarif selanjutnya telah disiapkan.

Skema ini akan memberlakukan tarif maksimal Rp20.000 untuk jarak terjauh, sementara tarif di bawah Rp20.000 akan berlaku untuk jarak-jarak yang lebih pendek.

Skema ini akan mulai berlaku pada awal Oktober 2023 hingga akhir Februari 2024.

Untuk memudahkan akses pembelian tiket, masyarakat dapat memilih berbagai opsi non-tunai, termasuk menggunakan kartu uang elektronik perbankan (BCA, Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan Bank DKI), Kartu Multi Trip (KMT) KAI Commuter, serta QRIS (Link Aja dan KAI Pay).

Selain informasi harga tiket, jadwal keberangkatan LRT Jabodebek juga telah diumumkan dan berlaku mulai 29 Agustus 2023.

Berikut adalah jadwal lengkapnya:

Keberangkatan Awal:

  • Dukuh Atas — Harjamukti: 05:09 WIB
  • Harjamukti — Dukuh Atas: 05:09 WIB
  • Jati Mulya — Dukuh Atas: 05:00 WIB
  • Dukuh Atas — Jati Mulya: 05:58 WIB

Keberangkatan Akhir:

  • Dukuh Atas — Jati Mulya: 18:58 WIB
  • Jati Mulya — Dukuh Atas: 18:00 WIB
  • Harjamukti — Dukuh Atas: 17:49 WIB
  • Dukuh Atas — Harjamukti: 17:49 WIB

Harap dicatat bahwa Stasiun Halim saat ini belum dapat digunakan untuk naik dan turun penumpang.

Tetapi dengan berbagai opsi yang tersedia dan tarif yang terjangkau, LRT Jabodebek menjadi pilihan menarik bagi warga Jabodetabek dalam menjalani mobilitas perkotaan yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *