OTOMOTIF

Rahasia Sukses Belajar Kendaraan Elektrifikasi di Toyota XEV Center: Pintu Masuknya Terbongkar!

79
×

Rahasia Sukses Belajar Kendaraan Elektrifikasi di Toyota XEV Center: Pintu Masuknya Terbongkar!

Sebarkan artikel ini
Rahasia Sukses Belajar Kendaraan Elektrifikasi di Toyota XEV Center Pintu Masuknya Terbongkar!
Rahasia Sukses Belajar Kendaraan Elektrifikasi di Toyota XEV Center Pintu Masuknya Terbongkar!

Media90 – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah mendirikan Toyota xEV Center, sebuah pusat pembelajaran kendaraan elektrifikasi yang menawarkan kesempatan bagi semua orang untuk menjelajahi dunia elektrifikasi yang dimiliki oleh Toyota.

Media90 memiliki kesempatan langka untuk mengunjungi Toyota xEV Center dan ditemani Natasya, perwakilan dari TMMIN, yang memberikan penjelasan rinci tentang semua yang ada di tempat tersebut.

Toyota xEV Center terbagi menjadi empat zona yang menampilkan peragaan dan presentasi yang membantu pengunjung memahami dengan lebih jelas apa yang ditawarkan di sana.

Natasya menjelaskan bahwa zona pertama, yang dikenal sebagai Zona Inisiatif Lingkungan, membahas latar belakang mengenai pentingnya transisi menuju era elektrifikasi dan karbon netral bagi masyarakat.

Di zona ini, pengunjung dapat mempelajari tentang bahaya perubahan iklim, langkah-langkah Indonesia menuju Emisi Bersih Nol tahun 2060, serta Toyota Environmental Challenge 2050.

Zona kedua, dengan tema Teknologi, memberikan fokus pada pembahasan tentang berbagai jenis kendaraan, mulai dari Internal Combustion Engine (ICE), Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), hingga Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Natasya menjelaskan bahwa zona ini juga membahas berbagai cara untuk mengurangi emisi karbon, komponen mesin kendaraan listrik, peran nikel dalam pembuatan baterai, dan cara kerja baterai pada kendaraan listrik.

Zona ketiga, yang dikenal sebagai Ekosistem Hijau, membahas konsep well-to-wheel emission, strategi untuk menciptakan ekosistem yang ramah lingkungan, berbagai jenis pengisi daya kendaraan listrik, serta cara kerja sistem penyimpanan energi.

Di zona ini, pengunjung dapat mempelajari tentang siklus 3R (Reduce, Reuse, Recycle), penggunaan listrik rumah untuk mengisi kendaraan listrik, penggunaan kendaraan listrik untuk memasok listrik rumah, dan proyek Toyota Woven City.

Natasya menjelaskan bahwa Toyota Woven City merupakan sebuah kota penelitian yang akan diisi oleh para peneliti khusus yang mengkaji teknologi elektrifikasi.

Belajar Kendaraan Elektrifikasi Di Toyota XEV Center, Begini Cara Masuk Ke Sana
Belajar Kendaraan Elektrifikasi Di Toyota XEV Center, Begini Cara Masuk Ke Sana

Zona keempat, yaitu Masyarakat Berkelanjutan, mencakup uji kinerja baterai kendaraan listrik Toyota, sejarah Toyota dalam menciptakan teknologi elektrifikasi, dan perjalanan Toyota Indonesia dalam membangun era elektrifikasi.

Natasya juga menjelaskan bahwa Toyota telah bekerja sama dengan beberapa universitas di Indonesia sejak tahun 2018.

Beberapa universitas yang terlibat antara lain Universitas Indonesia, LPEM Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bogor, Universitas Gajah Mada, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Udayana, dan Universitas Diponegoro.

Dalam sesi terakhir, pengunjung diundang untuk mencoba beberapa kendaraan elektrifikasi yang tersedia di area test drive Toyota xEV Center, seperti Toyota C+Pod, bZ4x dengan atap panel surya, dan Prius PHEV.

Toyota akan terus meningkatkan fasilitas di Toyota xEV Center, termasuk dengan memasang Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), kincir angin, kincir air, sistem hidrogen, dan panel surya.

Seluruh masyarakat diperbolehkan untuk mengunjungi Toyota xEV Center, tetapi reservasi melalui WhatsApp ke nomor 0811-109-9382 dan pengisian data diri secara lengkap diperlukan.

Pendaftaran ini tidak dipungut biaya alias gratis. Pengunjung hanya perlu datang ke alamat Jl. Trans Heksa No. 01 Kawasan Industri KJIE, Margamulya, Kec. Telukjambe Barat, Kab. Karawang, Jawa Barat, 41361 pada jam operasional Senin hingga Jumat, dari pukul 09:00 hingga 16:00 WIB.

Jika Anda tertarik untuk melihat beragam fasilitas dan peraga mengenai kendaraan elektrifikasi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Toyota xEV Center!