OTOMOTIFTIPS

Peduli Keselamatan! Teknik Aman Mengatasi Kecelakaan Sepeda Motor

39
×

Peduli Keselamatan! Teknik Aman Mengatasi Kecelakaan Sepeda Motor

Sebarkan artikel ini
Peduli Keselamatan! Teknik Aman Mengatasi Kecelakaan Sepeda Motor
Peduli Keselamatan! Teknik Aman Mengatasi Kecelakaan Sepeda Motor

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Berkendara dengan sepeda motor, meski menghadirkan sensasi kebebasan dan kecepatan, juga membawa risiko tinggi terhadap kecelakaan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap pengendara untuk mengingat teknik yang aman ketika menghadapi situasi darurat seperti kecelakaan hingga jatuh dari sepeda motor.

Dalam wawancara dengan Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), dijelaskan ada tiga teknik yang bisa diingat untuk mengurangi risiko cedera serius saat mengalami kecelakaan.

Lepaskan Sepeda Motor

Teknik pertama yang harus diingat ketika menghadapi kecelakaan adalah melepaskan diri dari kendaraan.

Saat situasi sudah tak terkendali dan keseimbangan terganggu, segera lepaskan genggaman pada stang sepeda motor dan biarkan kendaraan tersebut jatuh dengan sendirinya.

Dengan cara ini, Anda dapat menghindari risiko terseret sepeda motor yang berpotensi menyebabkan cedera parah pada tubuh Anda.

Berguling ke Kiri

Ketika Anda terjatuh dari sepeda motor, upayakan untuk berguling ke sisi kiri jalan.

Selama berguling, lipat tangan Anda untuk melindungi dada dan lengan Anda yang berada di dekat dagu.

Teknik ini bertujuan untuk mencegah terjadinya dislokasi pada sendi lengan atau patah tangan akibat menahan tubuh saat terjatuh.

Ingatlah untuk selalu mengingat dan melatih teknik berguling ini agar dapat dilakukan dengan refleks setiap kali mengalami kecelakaan.

Baca Juga:  Petualangan Jelajah Jakarta-Malang: Rute, Biaya Bensin, dan Petualangan Menggunakan Mobil Pribadi

Jangan Langsung Berdiri

Setelah mengalami kecelakaan dan jatuh dari sepeda motor, hindari keinginan untuk langsung berdiri.

Sebaiknya, cek terlebih dahulu setiap anggota tubuh yang bergesekan dengan permukaan saat terjatuh.

Gerakkan setiap sendi tubuh secara perlahan untuk memeriksa adanya rasa nyeri atau kaku yang bisa mengindikasikan cedera.

Amati napas Anda untuk melihat kondisi tubuh secara keseluruhan dan mengetahui apakah ada cedera serius yang perlu segera ditangani oleh tim medis.

Jika diperlukan, jangan ragu untuk mencari pertolongan atau mengunjungi rumah sakit terdekat guna mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Teknik Aman Jatuh Dari Sepeda Motor, Waspada Itu Penting!
Teknik Aman Jatuh Dari Sepeda Motor, Waspada Itu Penting!

Ludhy Kusuma menekankan bahwa menjaga keselamatan saat berkendara di jalan raya harus menjadi prioritas utama setiap pengendara.

Selalu gunakan perlengkapan pelindung diri seperti helm, jaket, celana panjang, sepatu, dan sarung tangan setiap kali berkendara, karena perlengkapan tersebut dapat membantu mengurangi potensi luka serius ketika terjadi kecelakaan.

Ingatlah, mengingat dan mengaplikasikan teknik-teknik aman di atas dapat menjadi perbedaan antara cedera ringan dan cedera serius yang berdampak pada kualitas hidup Anda.

Selalu berhati-hati, taati aturan lalu lintas, dan berpegang pada keselamatan diri saat berada di jalanan.

Kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja, namun dengan pemahaman yang benar dan kesiapan mental, risiko cedera dapat diminimalkan, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman berkendara dengan sepeda motor dengan lebih aman dan nyaman.