OTOMOTIF

Kembalinya Kejayaan: Morbidelli, Merek Motor Legendaris yang Bangkit dari Kegelapan

58
×

Kembalinya Kejayaan: Morbidelli, Merek Motor Legendaris yang Bangkit dari Kegelapan

Sebarkan artikel ini
Merek Motor Legendaris Morbidelli Bakal Bangkit Lagi
Merek Motor Legendaris Morbidelli Bakal Bangkit Lagi

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Merek sepeda motor legendaris dari Italia, Morbidelli, dipastikan akan kembali ke panggung otomotif setelah menjalani hiatus selama 40 tahun yang panjang.

Kabar gembira ini datang bersamaan dengan pengumuman bahwa Morbidelli telah diakuisisi oleh Keeway Group, sebuah perusahaan otomotif asal China.

Proses akuisisi ini terjadi melalui perusahaan Moto Bologna Passioni (MBP) Moto, yang kemudian akan berubah menjadi Morbidelli MBP sebagai hasil dari investasi dari Keeway Group.

Dilansir dari laman Visordown pada Jumat (19/4/2024), akuisisi ini sebenarnya sudah terjadi sejak tahun 2022 lalu, ketika logo dan nama Morbidelli MBP dan Morbidelli MBP Pesaro didaftarkan di Hong Kong oleh Powerlink, sebuah perusahaan yang terkait dengan grup Qianjiang.

Qianjiang sendiri adalah induk perusahaan yang memiliki merek-merek terkenal seperti Keeway dan Benelli.

Morbidelli MBP nantinya akan tetap bermarkas di Bologna, Italia, di mana akan menjadi pusat penelitian dan pengembangan baru bagi merek legendaris ini.

“Di Centro Stile Morbidelli dan pusat penelitian dan pengembangan baru akan dibangun untuk eksplorasi teknologi dan material baru,” ungkap pihak Morbidelli MBP.

Merek legendaris ini berencana untuk merilis sepeda motor dengan mesin 125 cc dan 500 cc, dengan fokus penjualannya di wilayah Eropa, Amerika Serikat, dan China sebagai langkah awal.

Dante Bustos, Chief Marketing Officer Keeway Group, menggambarkan akuisisi ini sebagai langkah penting dalam mengejar keunggulan dalam industri sepeda motor.

“Kami sangat senang menyambut merek premium bersejarah seperti Morbidelli ke dalam keluarga kami,” ujarnya.

Morbidelli sendiri didirikan oleh Giancarlo Morbidelli di kota Pesaro, Provinsi Pisa, pada era 1960-an. Fokus utama merek ini adalah memproduksi sepeda motor balap, dan kesuksesannya tak terbantahkan.

Pada tahun 1969, Morbidelli meraih gelar juara di berbagai kelas, mulai dari 50 cc hingga 500 cc, dalam ajang Motorcycle World Championship.

Namun, pada pertengahan tahun 1970-an, kesuksesan Morbidelli mulai meredup seiring dengan pesatnya perkembangan pabrikan sepeda motor Jepang seperti Yamaha, Honda, Suzuki, dan Kawasaki.

Kendati demikian, Morbidelli tetap berhasil meraih empat gelar kejuaraan dunia antara tahun 1975 hingga 1977.

Giancarlo Morbidelli sendiri membiayai perusahaan ini dari bisnis peralatan mesin pertukangan miliknya dan pada masa kejayaannya, perusahaan ini memiliki 300 karyawan.

Namun, aturan perusahaan yang membatasi penjualan Morbidelli hanya kepada tim balap membuatnya sulit bersaing dengan pabrikan lain di pasar konsumen.

Dengan akuisisi oleh Keeway Group, Morbidelli siap untuk memulai babak baru dalam sejarahnya, dengan visi untuk kembali menjadi pemain utama dalam industri sepeda motor global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *