OTOMOTIF

Ekspansi Mitsubishi: Xpander HEV Menuju Thailand, Indonesia Siapkan Gebrakan XForce Hybrid?

80
×

Ekspansi Mitsubishi: Xpander HEV Menuju Thailand, Indonesia Siapkan Gebrakan XForce Hybrid?

Sebarkan artikel ini
Melepas Produksi Xpander HEV Ke Thailand, Mitsubishi Bikin XForce Hybrid Di Indonesia
Melepas Produksi Xpander HEV Ke Thailand, Mitsubishi Bikin XForce Hybrid Di Indonesia

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Mitsubishi Motors Corporation (MMC) akan segera memperkenalkan varian hybrid dari Xpander di Thailand, menyusul keputusan untuk memproduksi model tersebut di sana.

Meskipun bukan berita baru, bocoran mengenai Xpander Hybrid telah muncul sejak Mei 2023 melalui presentasi resmi MMC, di mana terungkap bahwa model ini akan menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk tahun fiskal 2023.

Pada Agustus 2023, Takao Kato, CEO MMC, mengkonfirmasi bahwa produksi Xpander Hybrid tidak akan dilakukan di Indonesia, melainkan di Thailand.

Keputusan ini didasarkan pada kebijakan pajak yang lebih menguntungkan di Thailand, di mana harga mobil hybrid dapat menjadi lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional.

“Xpander Hybrid pertama kali akan diperkenalkan dan diproduksi di Thailand karena memang di sana ada tax benefit yang sangat besar dan harganya menjadi lebih murah,” ujar Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI.

Namun, Kurita menyadari bahwa pasar mobil hybrid di Indonesia sedang berkembang, terbukti dengan adanya beberapa kompetitor yang sudah memasarkan model mobil hybrid.

Meskipun awalnya mengambil pendekatan “wait and see,” Mitsubishi mempertimbangkan kemungkinan untuk merespons permintaan pasar Indonesia terhadap mobil hybrid.

“Untuk Indonesia, awalnya kami ingin wait and see pasar, tetapi kompetitor kami sudah memulai versi hybrid di segmen XForce (compact SUV),” ungkap Kurita.

Terkait XForce Hybrid, belum ada kepastian apakah model ini akan diproduksi di Indonesia, Thailand, atau negara lain.

Namun, jika keputusan dipilih untuk produksi di Indonesia, Mitsubishi Motors Krama Yudha (MMKI) di Cikarang akan menjadi tempat produksinya.

Kurita menyatakan, “Xpander dan XForce menggunakan teknologi yang sama, jadi sangat pasti bisa dikembangkan. Kami mempercayakan MMKI untuk bisa memproduksi XForce Hybrid itu.”

Dengan alasan utama produksi Xpander Hybrid di Thailand yang berkaitan dengan kebijakan pajak, maka masa depan produksi XForce Hybrid di Indonesia kemungkinan akan dipengaruhi oleh kebijakan baru Pemerintah Indonesia terkait mobil hybrid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *