OTOMOTIF

ALVA ONE XP dan ALVA ONE: Apa yang Membuat Perbedaan dengan Kenaikan Harga 9 Juta Rupiah?

164
×

ALVA ONE XP dan ALVA ONE: Apa yang Membuat Perbedaan dengan Kenaikan Harga 9 Juta Rupiah?

Sebarkan artikel ini
Lebih Mahal 9 Juta Rupiah, Apa Perbedaan ALVA ONE XP Dan ALVA ONE
Lebih Mahal 9 Juta Rupiah, Apa Perbedaan ALVA ONE XP Dan ALVA ONE

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – ALVA, sebagai pionir dalam mobilitas listrik di Indonesia, telah meluncurkan model terbarunya ALVA ONE XP pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Kamis (15/2).

Jika melihat data spesifikasi, kok tampaknya tidak ada perbedaan ALVA ONE XP yang signifikan dengan versi sebelumnya.

Sebagai informasi saja, sebelumnya di tahun 2022, ALVA ONE diperkenalkan perdana dan dijual pada konsumen Indonesia.

ALVA ONE XP dijual dengan harga Rp38,5 juta, sementara ALVA One tersedia dengan harga Rp29,490 juta, menunjukkan perbedaan harga sebesar Rp9,01 juta antara kedua model tersebut.

“Inspirasi motor skutik dari Eropa menjadi landasan utama bagi kami dalam menciptakan produk yang mengutamakan gaya hidup berkelanjutan,” kata Purbaja Patja, CEO ALVA, pada jumpa pers di IIMS 2024.

Kedua model ini diklaim menjanjikan pengalaman berkendara yang ramah lingkungan dan canggih, namun dengan beberapa perbedaan ALVA ONE XP yang mencolok.

Mari kita teliti lebih dalam perbandingan antara kedua model ini.

Performa yang Tangguh dan Efisien

Kedua motor ini memiliki performa yang tangguh dengan top speed maksimum mencapai 90 km/jam dan jangkauan hingga 70 km dengan satu baterai.

Ditenagai oleh baterai lithium berkapasitas 60 V – 45 Ah (2,7 kWh), keduanya menawarkan pengisian yang cepat dalam waktu 4 jam untuk satu baterai.

Sistem penggerak Hub Drive yang digunakan pada kedua model memberikan akselerasi yang responsif dan efisien.

Fitur Canggih dan Konektivitas yang Mumpuni

ALVA ONE XP menonjol dengan fitur Dynamic TFT LCD yang memberikan informasi berkendara yang lebih dinamis dan interaktif.

Selain itu, ALVA ONE XP dilengkapi dengan My ALVA Mobile Apps yang menyediakan Live Battery & Charging Status, Live Map Tracking, Riding Statistic, dan 24/7 Roadside Assistance, menjadikan pengalaman berkendara lebih terhubung dan aman.

Di sisi lain, ALVA ONE juga tidak kalah canggih dengan menggunakan TFT LCD Color Dashboard Display dan ALVA Mobile App.

Meskipun tidak memiliki fitur tambahan My ALVA Mobile Apps seperti ALVA ONE XP, ALVA ONE tetap menawarkan pengalaman berkendara yang modern dan terkoneksi.

Pilihan yang Tersesuai dengan Kebutuhan Anda

Keduanya merupakan pilihan yang menarik untuk mereka yang menginginkan mobilitas ramah lingkungan dan canggih.

ALVA ONE XP menawarkan lebih banyak fitur tambahan dan konektivitas yang lebih luas, sementara ALVA ONE tetap menjadi pilihan yang solid dengan performa yang handal dan fitur-fitur dasar yang lengkap.

Kesimpulannya, dalam memilih antara ALVA ONE XP dan ALVA ONE, sangat tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu.

Dengan demikian, ALVA telah memberikan pilihan yang beragam untuk memenuhi berbagai kebutuhan mobilitas pengguna di era yang semakin terhubung ini.

Persamaan antara ALVA ONE XP dan ALVA ONE

Performa
Keduanya memiliki top speed maksimum yang sama, yaitu 90 km/jam, serta jangkauan hingga 70 km dengan satu baterai.

Dimensi dan Konstruksi
Dimensi fisik keduanya sama, dengan panjang x lebar x tinggi 1960 x 755 x 1200 mm dan wheelbase 1370 mm. Keduanya juga memiliki ground clearance sebesar 135 mm dan menggunakan rangka baja.

Sistem Penggerak
Keduanya menggunakan Hub Drive sebagai tipe penggerak motor.

Daya Baterai
Baik ALVA ONE XP maupun ALVA ONE dilengkapi dengan baterai tipe lithium dengan kapasitas yang sama, yaitu 60 V – 45 Ah (2,7 kWh), dan waktu pengisian baterai yang juga sama, yaitu 4 jam untuk satu baterai.

Sistem Rem dan Suspensi
Keduanya dilengkapi dengan sistem rem cakram depan & belakang, serta suspensi teleskopik (depan) dan monoshock (belakang).

Fitur Keselamatan
Baik ALVA ONE XP maupun ALVA ONE dilengkapi dengan sistem rem CBS dan alarm.

Fitur Tambahan
Keduanya memiliki beberapa fitur tambahan seperti LED with Positioning Head Lamp, LED Tail Lamp, Smart Key, Reverse Button, dan USB Port.

Perbedaan ALVA ONE XP dan ALVA ONE

Perbedaan ALVA ONE di Layar Dashboard
ALVA ONE XP dilengkapi dengan Dynamic TFT LCD, sementara ALVA ONE menggunakan TFT LCD Color Dashboard Display.

Riding Modes
ALVA ONE XP memiliki mode berkendara tambahan yaitu ECO/CRUISE/E-SPORT Riding Modes yang tidak dimiliki oleh ALVA ONE.

Aplikasi Seluler
ALVA ONE XP dilengkapi dengan My ALVA Mobile Apps yang menyediakan fitur seperti Live Battery & Charging Status, Live Map Tracking, Riding Statistic, dan 24/7 Roadside Assistance, sementara ALVA ONE hanya menggunakan ALVA Mobile App tanpa fitur tambahan tersebut.

Dengan demikian, meskipun keduanya memiliki banyak kesamaan dalam spesifikasi dasar, ALVA ONE XP menawarkan beberapa fitur tambahan dan peningkatan teknologi yang membuatnya lebih canggih dan terkoneksi dengan dunia digital yang lebih luas dibandingkan dengan ALVA ONE.

Mana yang Layak Dibeli?

Keputusan untuk membeli ALVA ONE XP atau ALVA ONE tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang dapat membantu dalam membuat keputusan.

ALVA ONE XP dilengkapi dengan fitur tambahan seperti layar Dynamic TFT LCD dan My ALVA Mobile Apps yang menyediakan konektivitas yang lebih luas.

Jika Anda menginginkan pengalaman berkendara yang lebih terhubung dan canggih, maka ALVA ONE XP mungkin menjadi pilihan yang lebih menarik.

Soal harga, ALVA ONE memiliki harga yang lebih rendah daripada ALVA ONE XP. Jika Anda memiliki anggaran terbatas dan tidak memerlukan fitur tambahan yang ditawarkan oleh ALVA ONE XP, maka ALVA ONE mungkin menjadi pilihan yang lebih ekonomis.

Lalu, kedua model ini memiliki kinerja yang serupa dalam hal top speed, jarak tempuh, dan daya. Jadi, jika Anda tidak memerlukan fitur tambahan dari ALVA ONE XP, ALVA ONE dapat memberikan pengalaman berkendara yang sama dengan harga yang lebih terjangkau.

Pertimbangkan juga reputasi ALVA sebagai produsen, serta dukungan purna jual dan layanan pelanggan yang mereka tawarkan.

Pastikan untuk memeriksa ulasan dari pengguna sebelumnya dan menanyakan tentang garansi dan layanan purna jual untuk membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *