BERITA

Workshop Preceptorship Universitas Malahayati: Penguatan Pembimbing Klinik di Dunia Rumah Sakit dan Puskesmas Lampung

45
×

Workshop Preceptorship Universitas Malahayati: Penguatan Pembimbing Klinik di Dunia Rumah Sakit dan Puskesmas Lampung

Sebarkan artikel ini
Universitas Malahayati Gelar Workshop Preceptorship Pembimbing Klinik Rumah Sakit dan Puskesmas di Lampung
Universitas Malahayati Gelar Workshop Preceptorship Pembimbing Klinik Rumah Sakit dan Puskesmas di Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dr. Lolita Sary, SKM., M.Kes, selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Malahayati Bandar Lampung, memimpin pembukaan kegiatan workshop preceptorship pembimbing klinik di Gedung Rektorat Universitas Malahayati pada Kamis (21/12/2023).

Dalam workshop yang diikuti oleh 50 peserta perwakilan puskesmas dan rumah sakit di Lampung, Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Malahayati menghadirkan dua pembicara utama, yaitu Apriyanti, S. Kep., Ns., M. Kep dari Rumah Sakit Umum Ahmad Yani Metro, dan Dr. M. Arifki Zainaro, S. Kep., Ns., M. Kep, dosen ilmu keperawatan Universitas Malahayati.

Dr. Lolita Sary mengungkapkan bahwa kegiatan ini didasarkan pada hasil riset dengan pendekatan literatur review, yang menunjukkan bahwa metode preceptorship mampu meningkatkan kompetensi kinerja mahasiswa klinik di rumah sakit atau layanan kesehatan.

“Setelah saya mencoba membaca hasil-hasil penelitian, dengan menggunakan pendekatan ini, langkah yang sangat baik,” kata Lolita Sary.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Malahayati berharap bahwa workshop ini dapat meningkatkan mutu pembelajaran akademik di bidang keperawatan, memberikan dorongan pada peningkatan kualitas mahasiswa keperawatan, terutama peserta workshop dari instansi kesehatan yang turut hadir.

Tujuan utama dari kegiatan workshop preceptorship ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tenaga keperawatan dalam manajemen pendidikan klinik, desain pendidikan klinik, dan penerapan metode assessment yang tepat.

Selain itu, workshop ini diarahkan untuk mendukung peningkatan mutu pelayanan di bidang keperawatan.

Para peserta, yang terdiri dari tenaga keperawatan rumah sakit dan puskesmas, didorong untuk memperdalam pemahaman mereka tentang manajemen pendidikan klinik guna memastikan proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Dengan demikian, diharapkan bahwa workshop ini akan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kompetensi dan mutu layanan keperawatan di wilayah Lampung.