BERITA

Upaya Pemprov Lampung Maksimalkan Akses Informasi Publik dengan Komitmen Tinggi

200
×

Upaya Pemprov Lampung Maksimalkan Akses Informasi Publik dengan Komitmen Tinggi

Sebarkan artikel ini
Pemprov Lampung Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan Informasi Melalui Keterbukaan Informasi Publik
Pemprov Lampung Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan Informasi Melalui Keterbukaan Informasi Publik

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada tanggal 4 Desember 2023, Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 digelar di Ballroom Hotel Radisson.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, yang mewakili Gubernur Lampung.

Dalam pidatonya, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, menegaskan pentingnya akses informasi bagi setiap warga.

Ia menyatakan bahwa warga negara memiliki hak untuk mengetahui kebijakan dan program pembangunan, terutama dari badan publik yang bertanggung jawab memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Fahrizal Darminto juga menyoroti unsur-unsur penting Good Governance, yaitu transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi.

Ia menekankan bahwa transparansi adalah kunci untuk mencapai Good Governance, di mana badan publik harus lebih terbuka terhadap informasi tentang kebijakan dan program.

Dalam konteks Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung menekankan bahwa badan publik memiliki kewajiban untuk menyediakan, memberikan, dan menerbitkan informasi publik.

Jika ada penolakan memberikan informasi, masyarakat dapat menggunakan Komisi Informasi Provinsi Lampung sebagai penyelesaian sengketa.

Sekretaris Daerah juga mengingatkan tentang tanggung jawab bersama dalam menghadapi era Keterbukaan Informasi Publik.

Peningkatan kinerja badan publik secara profesional diharapkan dapat memberikan pelayanan informasi yang cepat, murah, transparan, dan akuntabel.

Dalam era di mana teknologi informasi berkembang pesat, Fahrizal Darminto mengimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam menyebarkan informasi, terutama di media sosial.

Pemahaman bahwa informasi perlu diverifikasi terlebih dahulu sebelum disebarkan menjadi penting untuk memastikan keakuratan dan kebenaran informasi.

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik juga menjadi wujud dari upaya Komisi Informasi Provinsi Lampung dalam melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja badan publik.

Penghargaan diberikan kepada berbagai badan publik dari Organisasi Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, Pemerintah Kabupaten/Kota, BUMN, Perguruan Tinggi, hingga Pemerintah Desa/Kelurahan.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung menyimpulkan dengan memberikan selamat kepada para penerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023.

Harapannya adalah agar badan publik terus meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat dan menjadi motivasi bagi yang belum mendapatkan penghargaan untuk terus memperbaiki diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *