BERITA

Ujian Praktek Terakhir: Prodi Pengelolaan Perhotelan Polinela Mendorong Etos Positif dan Keprofesionalan

40
×

Ujian Praktek Terakhir: Prodi Pengelolaan Perhotelan Polinela Mendorong Etos Positif dan Keprofesionalan

Sebarkan artikel ini
Gelar Ujian Akhir Praktek, Prodi Pengelolaan Perhotelan Polinela Fokuskan Good Attitude dan Profesional
Gelar Ujian Akhir Praktek, Prodi Pengelolaan Perhotelan Polinela Fokuskan Good Attitude dan Profesional

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Mahasiswa semester I Program Studi (Prodi) Pengelolaan Perhotelan Jurusan Ekonomi dan Bisnis Politeknik Negeri Lampung (Polinela) baru-baru ini menghadapi ujian akhir praktik (UAP) yang diadakan sebagai bagian integral dari mata kuliah Pengembangan Karakter dan Sikap Profesi.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter, tata krama, dan profesionalisme mahasiswa dalam konteks industri perhotelan yang sangat kompetitif.

Ujian praktik tersebut melibatkan para mahasiswa semester I yang terbagi dalam tiga kelas, berlangsung di Gedung Anggrek Polinela pada Selasa, 19 Desember 2023.

Fokus utama ujian ini adalah pada aspek grooming dan greeting, keterampilan yang tak terpisahkan dari pelayanan di industri perhotelan.

Mata kuliah Pengembangan Karakter dan Sikap Profesi didesain khusus untuk membantu mahasiswa mengembangkan sikap positif dan profesionalisme yang sangat diperlukan dalam dunia perhotelan.

Ujian akhir praktik kali ini menggarisbawahi pentingnya memiliki “Good Attitude for Hotelier” sebagai pondasi utama bagi mahasiswa yang bersiap memasuki dunia industri.

Yusep Windhu Ari Wibowo, S.Pd., M.Pd., selaku Koordinator Program Studi Pengelolaan Perhotelan, menjelaskan bahwa ujian akhir praktik ini bertujuan untuk melatih dan membentuk karakter serta sikap profesi yang baik pada mahasiswa semester I.

“Good attitude, grooming, dan greeting menjadi fokus utama karena itu adalah fondasi penting dalam industri perhotelan,” kata Yusep.

Dalam rangka ujian praktik ini, mahasiswa terlibat dalam serangkaian simulasi situasi praktis, termasuk menyambut tamu, menjalankan komunikasi yang efektif, dan menjaga penampilan diri sesuai dengan standar hotel.

Melalui pembagian tugas dan tanggung jawab, mahasiswa tidak hanya memperoleh pemahaman mendalam tentang kerja tim, tetapi juga mengasah keterampilan interpersonal dan meningkatkan penguasaan keterampilan praktis yang diperlukan.

Lebih dari sekadar memberikan nilai kepada mahasiswa, ujian akhir praktik ini juga memberikan umpan balik konstruktif untuk membantu mereka terus berkembang.

Harapannya, kegiatan ini akan memberikan bekal yang kuat bagi mahasiswa Polinela untuk meraih sukses di masa depan, tidak hanya sebagai sarjana yang terampil tetapi juga sebagai individu yang memiliki sikap profesional dan beretika dalam dunia perhotelan yang dinamis.