BERITA

TNBBS Suoh Lampung Barat Menyisir Hutan Cari Pelaku Pembakaran Kantor, Buru Harimau Berbahaya

56
×

TNBBS Suoh Lampung Barat Menyisir Hutan Cari Pelaku Pembakaran Kantor, Buru Harimau Berbahaya

Sebarkan artikel ini
Usai Kantornya Ludes Dibakar Massa, TNBBS Suoh Lampung Barat Turunkan Penembak Bius Buru Harimau
Usai Kantornya Ludes Dibakar Massa, TNBBS Suoh Lampung Barat Turunkan Penembak Bius Buru Harimau

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pihak Balai Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Lampung Barat telah memberikan pernyataan tegas terkait penanganan harimau liar yang mengancam warga.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Balai TNBBS Lampung Barat, Ismanto, menyusul insiden pembakaran kantor Resort Suoh oleh massa pada Senin (11/3/2024).

Menurut Ismanto, pihaknya akan mengerahkan tim sniper untuk melakukan penembakan terhadap harimau Sumatera yang berada di wilayah TNBBS.

Meskipun empat kandang jebak telah dipasang sebelumnya, namun upaya tersebut belum membuahkan hasil yang diharapkan.

“Kami telah bekerja sama dengan Taman Safari Indonesia untuk mengambil tindakan terhadap harimau yang diduga melakukan serangan terhadap manusia, termasuk dengan menggunakan tembak bius,” ungkap Ismanto.

Jika harimau berhasil ditangkap, Ismanto menegaskan bahwa mereka tidak akan melepaskannya kembali ke hutan TNBBS.

Sebaliknya, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak yang berwenang untuk mencari habitat baru bagi harimau tersebut.

Meskipun belum dapat memastikan jumlah harimau yang terlibat dalam konflik dengan manusia, Ismanto menegaskan bahwa target penangkapan adalah harimau-harimau yang sering terlihat di area perkebunan kopi, tempat yang sering menjadi lokasi aktivitas manusia.

“Kantor kami telah menjadi sasaran pembakaran oleh massa. Oleh karena itu, kami harus segera mencari solusi terbaik. Saat ini, fokus kami adalah untuk menciptakan suasana yang kondusif,” tambah Ismanto.

Namun demikian, jika pihak Balai tidak segera mengambil tindakan yang tegas, masyarakat, khususnya para petani di sekitar, mengancam akan melakukan tindakan eksekusi sendiri terhadap harimau tersebut.

Mereka menegaskan bahwa mereka tidak akan tinggal diam jika terus menerima ancaman dari harimau tersebut.

“Kami tidak akan menunggu lebih lama. Daripada kami terus dihantui oleh ketakutan, kami lebih baik melakukan pencarian terhadap harimau tersebut, siapapun atau bagaimanapun caranya,” jelas seorang sumber dari Suara.com yang tidak ingin disebutkan identitasnya.

Pembakaran kantor Resort Balai TNBBS di Suoh, Lampung Barat, merupakan aksi yang dilakukan oleh ratusan orang pada Senin (11/3/2024).

Insiden ini diduga karena warga yang merasa emosi atas insiden serangan harimau terhadap warga setempat. Sejak bulan Februari 2024, dua orang warga Suoh telah menjadi korban tewas akibat serangan harimau.

Dari video yang beredar, terlihat ratusan warga berkumpul di depan kantor Resort TNBBS Suoh sambil berteriak-teriak “bakar, bakar!”.

Massa yang emosi tersebut juga melakukan kerusakan terhadap fasilitas negara seperti merusak dinding kantor Resort dengan benda tumpul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *