BERITA

Sejarah Tertoreh: Unila Menjadi Kampus Pertama dalam Menggelar Komnas HAM Goes to Campus

157
×

Sejarah Tertoreh: Unila Menjadi Kampus Pertama dalam Menggelar Komnas HAM Goes to Campus

Sebarkan artikel ini
Torehkan Sejarah, Unila Jadi Kampus Pertama Tuan Rumah Komnas HAM Goes to Campus
Torehkan Sejarah, Unila Jadi Kampus Pertama Tuan Rumah Komnas HAM Goes to Campus

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Unila mencatat sejarah sebagai perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menggelar acara sosialisasi pengenalan kelembagaan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Komnas HAM RI) pada tahun 2024.

Bertajuk Komnas HAM Goes to Campus, kegiatan ini berlangsung di Ruang Sidang Utama Lantai II Rektorat Unila pada Selasa (27/2/2024), dihadiri oleh para mahasiswa KIP Unila serta sejumlah tokoh penting.

Komnas HAM RI, sebuah lembaga negara independen yang bertugas mengawasi kemanusiaan dalam negara termasuk pelaksanaan pemerintahan, memberikan perhatian yang besar terhadap berbagai persoalan HAM yang muncul di Indonesia.

Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, Ketua Komnas HAM RI, Dr. Atnike Nova Sigiro, M.Sc mengatakan, tujuan dari Komnas HAM Goes to Campus adalah, untuk memberikan pemahaman lebih luas mengenai HAM, yang merupakan bagian dari prinsip-prinsip Konstitusi UUD 1945.

Menyoroti isu-isu krusial seperti kebebasan berpendapat dan berekspresi, Atnike menekankan pentingnya pemahaman atas isu-isu tersebut bagi sivitas akademika.

Dengan menghadirkan perspektifnya, ia menjelaskan kebebasan berpikir dan berpendapat merupakan fondasi dari ilmu pengetahuan.

Kehadiran Ketua Komnas HAM RI beserta tim di Unila dianggap sebagai suatu kehormatan, yang diapresiasi Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM. ASEAN Eng. Prof. Lusi juga menegaskan, Unila telah berkomitmen dalam mewujudkan kebebasan berpendapat dan berekspresi dengan baik, yang dibuktikan dengan beragam wadah untuk menyampaikan pendapat serta penghargaan tinggi terkait Keterbukaan Informasi Publik.

Diskusi dalam kegiatan ini dipandu oleh dua narasumber utama, yaitu Dr. Atnike Nova Sigiro, M.Sc., dari Komnas HAM RI, dan Dr. Yusdiyanto, S.H., M.H., dari Fakultas Hukum Unila.

Turut hadir Karo Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerjasama Komnas HAM Gatot Ristanto beserta tim, para pimpinan Unila, serta sejumlah tokoh penting lainnya.

Kegiatan ini menjadi momen penting dalam meningkatkan pemahaman HAM di kalangan akademisi dan mahasiswa Unila.

Unila menunjukkan komitmennya dalam mendukung prinsip-prinsip HAM dan menjadi pelopor dalam menggelar kegiatan sosialisasi seperti Komnas HAM Goes to Campus.

Semoga kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan di berbagai perguruan tinggi lainnya untuk meningkatkan kesadaran akan hak asasi manusia di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *