BERITA

Satgas Pangan Metro Temukan Belasan Produk Makanan Tanpa Sertifikat Halal saat Sidak Jelang Iduladha di Retail Swalayan

46
×

Satgas Pangan Metro Temukan Belasan Produk Makanan Tanpa Sertifikat Halal saat Sidak Jelang Iduladha di Retail Swalayan

Sebarkan artikel ini
Sidak Jelang Iduladha ke Retail Swalayan, Satgas Pangan Metro Temukan Belasan Produk Makanan Tak Bersertifikat Halal
Sidak Jelang Iduladha ke Retail Swalayan, Satgas Pangan Metro Temukan Belasan Produk Makanan Tak Bersertifikat Halal

Media90 – Tim Satuan Tugas (Satgas) Keamanan Pangan Metro telah menemukan belasan produk tanpa sertifikat halal di sejumlah toko retail swalayan dan supermarket di wilayah Metro.

Temuan ini terjadi saat tim melakukan inspeksi mendadak (Sidak) menjelang Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah atau 2024 Masehi.

Tim tersebut melibatkan berbagai instansi seperti Dinas Perdagangan Bidang Ketahanan Langan, Pokmaswas, Satgas Halal Metro, Ditjen PSDKP, Indonesian Food Drag and Autority, serta Satreskim Unit Tipidter Polres Metro.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, Yeri Ehwan, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memantau produk pangan segar maupun olahan di beberapa retail market di Metro.

“Kami berkunjung ke beberapa swalayan untuk mengamati kondisi keamanan pangan, intinya kami ingin memastikan supaya produk pangan yang beredar di tengah masyarakat itu sehat dan halal untuk dikonsumsi,” kata Yeri Ehwan dalam keterangannya, Jumat (14/6/2024).

Meskipun sebagian besar supermarket telah memenuhi persyaratan, masih ditemukan beberapa produk pangan yang belum memenuhi standar.

Menurut Yeri, ada beberapa catatan yang terlewatkan oleh pihak pengelola retail. Tim menemukan beberapa pelanggaran seperti produk tanpa informasi kadaluwarsa, jaminan halal yang tidak jelas, produk segar yang sudah tidak layak konsumsi, dan kesalahan penyimpanan suhu pada produk hewani.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Metro, Vivi Puspitasari, menyatakan bahwa Pemkot Metro telah melakukan pengawasan pangan rutin menjelang hari besar keagamaan, termasuk pengujian residu pestisida dan logam berat pada sayuran di pasar tradisional sejak 7-14 Juni 2024.

Rohbusodri, dari Satgas Keamanan Pangan Kemenag Metro, mengungkapkan bahwa ditemukan 17 produk olahan makanan kemasan tanpa label halal di salah satu pusat perbelanjaan.

Produk-produk tersebut umumnya berasal dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Mereka telah memberi informasi kepada pihak terkait terkait produk tanpa label halal tersebut.

Tim Satgas Pangan Metro menghimbau kepada pemilik retail swalayan dan toko lainnya agar memastikan produk olahan makanan kemasan yang dijual sudah mencantumkan label halal dan terjamin keamanannya untuk dikonsumsi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *